LPSK: Bharada E Hanya Sopir Irjen Ferdy Sambo, Bukan Ajudan yang Mahir Menembak

Laporan: Tri Bowo Santoso
Kamis, 04 Agustus 2022 | 23:57 WIB
Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu. Foto: Istimewa
Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu. Foto: Istimewa

SinPo.id - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menegaskan bahwa Bharada E bertugas sebagai sopir pribadi Irjen Ferdy Sambo, bukan ajudan (ADC).

Demikian dikatakan Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu berdasarkan hasil temuan LPSK menurut keterangan Bharada E selama dimintai keterangan guna mengajukan permohonan perlindungan.
 
"Beberapa hal yang mungkin harus diketahui Bharada E ini bukan ajudan (ADC), Bharada E ini adalah supir Irjen Sambo," kata Edwin kepada wartawan, Kamis, 4 Agustus 2022.

Edwin pun mengungkapkan Bharada E mengaku surat perintah (Sprin) yang diterimanya untuk bertugas adalah sebagai supir pribadi Irjen Sambo. Selain Bharada E, tiga orang lainnya yang bekerja di bawah perintah Irjen Sambo juga sebagai sopir.

"Ya, itu keterangan dari Bharada E. Jadi diantara 8 orang anggota polri yang melekat ke pak Sambo, menurut Bharada E, 3 di antaranya Sprin-nya adalah driver," ungkap Edwin.

Bharada E-pun, kata Edwin, belum terlampau lama bertugas sebagai bawahan Irjen Sambo. Ia menyampaikannya berdasarkan data penugasan Brimob Cikeas.

"Ya baru 7 bulan bertugas, 7 bulan berasal dari detasemen Brimob Cikeas," tukas Edwin.

Oleh karena itu, Edwin menepis isu yang berkembang di publik terkait dugaan Bharada E selaku sniper yang ahli menembak.

"Bharada E bukan sniper ahli tembak. Kan, ada banyak pemberitaan dia sniper, informasi yang kami peroleh dia tidak masuk standar itu bukan kategori penembak yang mahir gitu ajalah," tutur Edwin.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Selatan non-aktif, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, Bharada E merupakan penembak nomor 1 di Resimen Pelopor Korps Brimob dan juga pelatih vertical rescue.

"Kami juga melakukan interogasi terhadap komandan Bharada E, bahwa Bharada E ini sebagai pelatih vertical rescue dan di rensimen pelopornya dia sebagai tim penembak nomor 1 kelas 1 di resimen pelopor," ujarnya kepada wartawan, Selasa, 12 Juli 2022.

Menurutnya, dari hasil keterangan atasan Bharada E yang ada di Resimen Pelopor itu diketahui kalau Bharada E merupakan pelatih vertical rescue. Bahkan, Bharada E merupakan penembak nomor satu di resimen pelopor tersebut.

 sinpo

Komentar: