Taiwan Berang Dengan Latihan Militer China

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 05 Agustus 2022 | 13:48 WIB
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen

SinPo.id -  Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berang dengan latihan militer besar-besaran yang digelar China di perairan dekat wilayahnya. 

Dalam hal ini, Tsai menyebut latihan militer China yang melibatkan penembakan sejumlah rudal balistik itu sebagai tindakan yang tidak bertanggung jawab.

Tsai juga menyebut latihan militer China yang akan digelar hingga Minggu 7 Agustus 2022 mendatang  sebagai 'eskalasi ancaman militer yang disengaja dan terus-menerus'.

"Saya harus menekankan bahwa, kami tidak berupaya untuk meningkatkan konflik atau memprovokasi perselisihan, tapi kami akan dengan teguh mempertahankan kedaulatan kami dan keamanan nasional kami, serta menjaga demokrasi dan kebebasan," tegas Tsai dalam pernyataan yang dilansir dari CNN pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengonfirmasi ada 11 rudal balistik yang ditembakkan militer China ke perairan sebelah timur laut dan barat daya wilayahnya pada Kamis 4 Agustus 2022 sore waktu setempat.

Sebagai informasi, Latihan militer China yang digelar di enam zona di sekeliling Taiwan ini dilaporkan memicu gangguan terhadap aktivitas penerbangan dan pelayaran sipil, dengan sejumlah penerbangan internasional dibatalkan dan kapal-kapal didesak melintasi rute pelayaran alternatif.

Selat Taiwan, yang menjadi lokasi latihan militer China, diketahui merupakan rute perdagangan penting bagi kapal-kapal kargo antara negara-negara kekuatan ekonomi besar di kawasan Asia Timur Laut, seperti China, Jepang dan Korea Selatan, dan seluruh dunia.sinpo

Komentar: