KPU Telusuri Dugaan Surat Suara Sudah Tercoblos di Taiwan

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 20 Januari 2024 | 08:44 WIB
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (Sinpo.id/Ashar)
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang menelusuri dugaan adanya surat suara Pemilu 2024 yang sudah tercoblos di Taipei, Taiwan sebelum waktunya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengaku pihaknya masih menunggu hasil penelusuran lengkap Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Panitia Pengawas Luar Negeri (Panwaslu).

"Nanti kalo sudah ada hasilnya akan dilaporkan oleh temen-temen PPLN dan Panwaslu. Dan bisa rilis kepada temen-temen media karena sdang ditelusuri dulu," kata Hasyim kepada awak media, dikutip Sabtu, 20 Januari 2024. 

Hasyim menjelaskan, tim PPLN dan Panwaslu melakukan klarifikasi secara langsung ke pemilih luar negeri di Taiwan yang mengaku surat suaranya sudah tercoblos.

"Iya tentu saja (penelusuran langsung) ke pemilih yang bersangkutan," ujarnya.

Menurut Hasyim, apabila surat suara tersebut terkonfirmasi sudah tercoblos, maka KPU akan kategorikan sebagai surat suara rusak. Dengan begitu, pemilih akan menerima surat baru sebagai pengganti.

"Kalau memang benar itu sudah tercoblos, itu kan metode pos ya. Sebagaimana di metode TPS nanti kami akan kategorikan surat suara rusak dan kemudian akan kami ganti dengan surat suara baru,” paparnya.

“Kalau betul, bahwa ketika buka amplop itu (sudah) tercoblos, ini kan sedang kami telusuri,” tandasnya.

Sebagai informasi, beredar video di sosial media yang menunjukkan pemilih luar negeri menerima surat suara Pemilu 2024 yang sudah tercoblos.

Pemilih di luar negeri di Taipei, Taiwan ini mengaku jika surat suara yang telah tercoblos itu berasal dari amplop yang baru diterima dan masih tersegel.

sinpo

Komentar: