Tanggapan Warga Soal Kampung Susun yang Dibangun Anies

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 25 Agustus 2022 | 16:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, di Jakarta Timur, Kamis 25 Agustus 2022. Foto: SinPo.id
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, di Jakarta Timur, Kamis 25 Agustus 2022. Foto: SinPo.id

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, di Jakarta Timur, Kamis 25 Agustus 2022. Hunian ini nantinya akan diisi oleh warga Bukit Duri yang merupakan korban gusuran pada tahun 2016. 

Menanggapi hal tersebut, salah satu warga eks Bukit Duri, Hadi Santoso (45) mengaku gembira lantaran rumah yang layak dan aman dari dari bencana banjir bisa terwujud. 

"Rumah layak yang kami dambakan, yang tidak kebanjiran lagi tentunya," kata Hadi di Cakung, Jakarta Timur, Kamis 25 Agustus 2022. 

Hadi mengatakan, dengan memperoleh hunian baru di kampung susun tersebut, ia dan keluarga merasa lebih aman dan nyaman. Dan kini, sambung Hadi, penantian selama kurang lebih 6 tahun akhirnya membuahkan hasil. 

"Kami berjuang sejak 2016 ya. Ini tahun 2022 ya, akhirnya terlaksana mimpi kami," kata Hadi. 

Hadi mengatakan, dulunya ia tinggal bukit di Bukit Duri RT 03 RW 11, setelah terdampak normalisasi, ia dan keluarga kemudian tinggal di sebuah kontrakan di daerah tersebut juga. 

"Ukuran rumahnya waktu itu 5x10. Kemudian kena normalisasi. Terus kami ngontrak di Bukit Duri juga. Sekarang sudah di sini," tuturnya. 

Lebih lanjut, Hadi mengaku puas akan hunian baru yang diperolehnya. Menurutnya, hal ini karena Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, sangat layak bagi keluarganya. 

"Bagus, sangat puas. Kami bahagia, tidak terkena banjir lagi. Sangat layak untuk kami, untuk keluarga," pungkasnya. 

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, di Jakarta Timur, Kamis 25 Agustus 2022. Hunian ini nantinya akan diisi oleh warga Bukit Duri yang merupakan korban gusuran pada tahun 2016. 

Anies menuturkan, proses pembangun memakan waktu 10 bulan, namun berjalan dengan baik dan dengan desain yang mengambil hikmah perjalanan selama pandemi.

"Dimana rumah dirancang untuk bisa menjadi rumah produktif dan ini pula yang jadi namaan nya Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, janji yang diungkapkan hari ini dituntaskan," kata Anies di Cakung, Jakarta Timur Kamis 24 Agustus 2022. 

 sinpo

Komentar: