Kemkominfo Investigasi Kebocoran 1,3 Miliar Data SIM Card

Oleh: Ardi
Selasa, 06 September 2022 | 02:00 WIB
Kemkominfo Investigasi Kebocoran 1,3 Miliar Data SIM Card
Kemkominfo Investigasi Kebocoran 1,3 Miliar Data SIM Card

SinPo.id -  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menginvestigasi kebocoran data SIM Card sebanyak 1,3 miliar. Upaya menginvestigasi itu dilakukan setelah Kemkominfo menggelar rapat koordinasi melibatkan seluruh operator seluler hingga Direktorat Tindak Pidana Siber Polri pada Senin 5 September 2022.

“Tadi kita sepakat untuk melakukan investigasi lebih mendalam lagi,” ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat konferensi pers di Kantor Kemkominfo, Senin 5 September 2022

Menurut dia, rapat koordinasi itu menyepakati untuk dilakukan investigasi lantaran belum ditemukan titik terang penyebab bocornya data. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri juga akan membantu proses investigasi tersebut. Keduanya akan membantu penelusuran data yang bocor dan menyesuaikan datanya.

“Supaya kita tahu data siapa yang bocor dan bagaimana kita melakukan mitigasi dan pengamanannya. Dan tadi juga dari cyber crime akan mencari hasil investigasi ini dan juga akan menindaklanjutinya,” tambahnya.
sinpo

Komentar: