Rusia Tarik Pasukan Setelah Ukraina Lakukan Serangan Balasan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 12 September 2022 | 09:54 WIB
Serangan balasan pasukan Ukraina ke Rusia. Foto: AP
Serangan balasan pasukan Ukraina ke Rusia. Foto: AP

SinPo.id - Pasukan Ukraina melancarkan serangan balasan di wilayah Ukraina Timur dan mendesak Rusia menarik pasukannya mundur dari wilayah timur laut Kharkiv.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mencemooh Rusia dalam video pidatonya, beserta unggahan video pengibaran bendera nasional di atas Chkalovsk, wilayah yang kembali direbut Ukraina dalam serangan balasan.

“Tentara Rusia pada hari-hari ini menunjukkan yang terbaik yang dapat dilakukannya, mereka menunjukkan punggungnya," sindir Zelenskyy dalam pidatonya, dilansir dari VoA, Senin 12 September 2022.

Selain itu, analis militer Barat mengatakan, kemajuan itu akan membuat Ukraina menguasai jalur kereta api utama yang digunakan Moskow untuk memasok ribuan tentara di Ukraina timur.

Pasalnya, erangan balasan Ukraina di wilayah Kharkiv, telah mengejutkan Rusia, yang langsung memindahkan banyak pasukannya ke selatan, untuk memperkuat pasukannya di wilayah tetangga Donetsk.

"Keputusan dibuat untuk mengumpulkan kembali pasukan Rusia yang ditempatkan di wilayah Balakliya dan Izyum, guna meningkatkan upaya di sepanjang front Donetsk,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Namun penarikan mundur itu menuai komentar marah dari militer Rusia dan komentator nasionalis, yang menganggapnya sebagai kekalahan besar dan mendesak Kremlin untuk meningkatkan upaya perang. 

 sinpo

Komentar: