Soto Garing, Kuliner "Nyeleneh" dari Klaten yang Patut Dicoba

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 18 September 2022 | 23:18 WIB
Soto Garing (SinPo.id/Dok. Pemkab Klaten)
Soto Garing (SinPo.id/Dok. Pemkab Klaten)

SinPo.id -  Indonesia memiliki banyak jenis kuliner yang dinamakan soto. Hampir seluruh daerah memiliki hidangan yang bernama soto, dengan isi dan kuah yang berbeda-beda.

Biasanya soto identik dengan kuah, baik kuah kaldu ataupun santan. Namun ada satu hidangan soto yang "anti-mainstream", yakni soto garing.

Kuliner ini hanya dapat ditemukan di Klaten dan sebagian wilayah Boyolali, Jawa Tengah. Salah satu warung yang menyajikan kuliner unik ini yakni Warung Soto Bu Yati, yang ada di Desa Sabang, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten.

Untuk menemukan warung soto ini tidak terlalu sulit karena warung ini berada tepat di samping kiri Pasar Delanggu, Klaten.

“Warung soto ini sudah buka sejak 45 tahun yang lalu. Dulu yang pertama kali jualan soto itu orang tua saya. Namanya Sudiman. Kalau soto garing ini dulu dari inisiatif bapak,” kata Muhammad Irham seperti dilansir dari laman jatengprov.go.id.

Warung soto garing Bu Yati buka sejak sejak subuh hingga pukul 14.00 WIB. Jadi bagi kalian yang penasaran jangan sampai terlalu sore untuk mampir ke warung tersebut.

Soto garing Bu Yati ini disajikan dengan nasi yang di atasnya ditaburi dengan berbagai macam sayuran, seperti kubis, kecambah, daun seledri, dan juga potongan daging ayam. Setelah itu sedikit kuah resep dari Bu Yati dituangkan di atasnya sehingga menambah cita rasa dari soto garing ini.

Meskipun soto garing Bu Yati ini dituangkan kuah seperti soto lainnya, tapi yang menjadikan soto garing ini berbeda adalah kuah yang dituangkan tidak sampai membuat penuh wadah seperti soto lainnya. Bahkan hanya membasahi sayuran, daging, dan di bagian atas nasi saja. Tentu saja ini semakin membuat soto garing lebih menarik untuk dicoba.

 sinpo

Komentar: