Johanis Tanak Terpilih Jadi Wakil Ketua KPK, Ini Tanggapan Firli

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 29 September 2022 | 08:49 WIB
Firli Bahuri/DOK: KPK
Firli Bahuri/DOK: KPK

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambut gembira atas terpilihnya Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua KPK yang baru.

Johanis mengisi kekosongan kursi Wakil Ketua KPK setelah ditinggalkan Lili Pintaulia Siregar karena mengundurkan diri sejak 11 juli 2022 lalu.

"Saya menyambut gembira atas pengisian wakil Ketua KPK," kata Firli dalam keterangannya di Jakarta, Kamis 29 September 2022.

Firli juga menyampaikan selamat atas terpilihnya Johanis Tanak untuk melanjutkan pengabdian di lembaga antirasuah sebagai wakil ketua KPK.

"Selamat datang dan selamat bergagung dalam barisan KPK. Mari kita bersihkan negeri ini dari praktik-praktik korupsi," tandasnya.

Selain itu, Firli juga mengucapkan terima kasih kepada Periseden Joko Widodo (Jokowi) dan pimpinan DPR RI yang telah memproses pergantian pimpinan lembaga antirasuah yang selama ini kosong.

Sebelumnya, Komisi III menggelar voting memilih calon pengganti Lili Pintauli Siregar. Calon pimpinan yang dipilih adalah Johanis Tanak dan I Nyoman Wara.

Dari 53 anggota dewan yang terlibat pemilihan tersebut, Johanis mendapatkan 38 suara. Sementara, I Nyoman mendapatkan 14 suara.

Sebelumnya, kursi wakil ketua KPK kosong setelah Lili Pintaulia Siregar mengundurkan diri sesaat sebelum menjalani sidang etik karena diduga menerima gratifikasi dari Pertamina.

Gratifikasi itu berupa fasilitas mewah menonton ajang balap Moto GP di Lombok dan fasilitas menginap di hotel mewah pada Maret lalu.sinpo

Komentar: