Sahroni Harap Johanis Tanak Dapat Implementasikan Janjinya di KPK

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 29 September 2022 | 21:06 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (SinPo.id/Instagram)
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Johanis Tanak resmi menggantikan Lili Pintauli Siregar sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keputusan diambil usai Komisi III DPR RI memenangkan Johanis Tanak melalui voting.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Sahroni menyambut baik ide Johanis Tanak yang lebih mengedepankan langkah preventif dalam pemberantasan korupsi. Menurutnya hal tersebut lebih efektif ketimbang langkah penindakan.

“Bukan berarti penangkapan dihapuskan, ini tetap penting dan wajib dilakukan. Tetapi biaya penyidikan sampai eksekusi ini sering juga menjadi beban baru bagi negara, yang kadang lebih besar dari nilai korupsinya,” kata Sahroni di komplek parlemen Senayan, Kamis, 29 September 2022. 

Sebagai pimpinan KPK baru, Sahroni berharap, Johanis Tanak dapat mengimplementasikan komitmen apa  yang telah dijanjikannya. Sehingga impian Indonesia bebas dari korupsi dapat terwujud.

 “Sehingga tugas KPK dalam menekan atau menghapuskan korupsi ini benar-benar dapat tercipta. Pak Firli bisa kita lihat sangat gahar dalam berantas koruptor, saya harap Pak Johanis jangan mau kalah,” kata politisi NasDem ini.

Diberitakan sebelumnya, Johanis Tanak terpilih menjadi wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Lili Pintauli Siregar. Ia terpilih lewat pemungutan suara oleh anggota Komisi III DPR, Rabu, 27 September 2022.

Pemungutan suara diikuti oleh 53 anggota Komisi III DPR. Dalam pemungutan suara tersebut, hanya ada satu anggota Komisi III yang absen dalam pemungutan suara, yaitu Ahmad Sahroni.

Hasilnya, Johanis memperoleh 38 suara, sedangkan lawannya I Nyoman Wara memperoleh 14 suara.sinpo

Komentar: