Buntut Petaka di Stadion Kanjuruhan, Johan Budi Minta Evaluasi Liga Sepak Bola Tanah Air

Laporan: Sinpo
Senin, 03 Oktober 2022 | 20:28 WIB
Konferensi pers PDI Perjuangan, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.
Konferensi pers PDI Perjuangan, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

SinPo.id -  Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Johan Budi, mengatakan evaluasi liga sepak bola di Indonesia perlu dilakukan pasca petaka di Stadion Kanjuruhan. Menurut dia, hasil evaluasi menyeluruh tersebut harus menghasilkan hal-hal yang berkaitan adanya perbaikan, agar ke depan kejadian serupa tidak lagi terulang.

"Jangan hanya sekadar melakukan evaluasi saja, karena kejadian-kejadian ini saya yakin kalau tidak ada tindakan yang tegas akan terjadi lagi," kata Johan dalam konferensi pers, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

Pasalnya, penyelenggaraan pertandingan sepak bola yang memakan korban jiwa bukan hanya sekali terjadi di Indonesia, sehingga perlu adanya edukasi terus menerus kepada suporter untuk membentuk sportifitas.

"Ke depannya harus secara terus-menerus memberikan edukasi kepada para suporter dari masing-masing klub. Itu disadarkan bahwa olahraga itu adalah bentuk sportifitas dan tidak boleh ada kebencian. Menang dan kalah itu adalah hal biasa," paparnya.

Oleh karena itu, kata Johan, evaluasi yang dilakukan oleh tim yang dibentuk pemerintah harus menghasilkan aturan-aturan yang dapat dipatuhi oleh semua pihak, termasuk proses penanganan yang ada di lapangan.

"Persoalan atau kejadian yang ada di Malang itu bukan yang pertama kali, karena kita sering mendengar ada suporter yang meninggal dalam satu pertandingan. Padahal tiket sepak bola itu tidak bisa ditukar oleh nyawa, satu nyawa pun tidak boleh," tandasnya.sinpo

Komentar: