KPU: Sembilan Parpol Parlemen Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Laporan: Sinpo
Sabtu, 15 Oktober 2022 | 01:01 WIB
ilustrasi KPU/Net
ilustrasi KPU/Net

SinPo.id -  18 partai politik telah lolos seleksi administrasi calon peserta Pemilu 2024. Sembilan partai politik di antaranya akan menjalani tahapan verifikasi faktual. Sementara itu sembilan partai politik lainnya yang notabene partai di parlemen langsung lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Sembilan Parpol yang lolos verifikasi administrasi dan akan menjalani verifikasi faktual antara lain : 1. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 2. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 3. Partai Bulan Bintang (PBB) 4. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 5. Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) 6. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) 7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) 8. Partai Ummat 9. Partai Buruh.

“Terhadap partai politik kategori 2 (parpol peserta Pemilu 2019 yang tak lolos PT) dan parpol kategori 3 (parpol baru) dilakukan verifikasi faktual,” kata Anggota KPU RI Idham Holik pada Jumat 14 Oktober 2022.

Sementara, sembilan partai politik lainnya tak akan dilakukan verifikasi faktual oleh penyelenggara pemilu. Sebab, kesembilan parpol ini merupakan kategori parpol yang lolos Parliamentary Threshold (PT) pada Pemilu 2019, atau yang kini berada di parlemen.

Sembilan partai yang lolos tersebut adalah PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem, PKS, PAN, Demokrat, dan PPP. Partai-partai tersebut otomatis langsung menjadi peserta Pemilu 2024.

“Terhadap parpol kategori 1, berdasarkan putusan MK Nomor 55 Tahun 2020 tidak dilakukan verifikasi faktual,” tambahnya. 
sinpo

Komentar: