Musim Hujan, Pahami Urutan Siaga Peringatan Banjir Ini

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 25 Oktober 2022 | 17:28 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Modul Sistem Informasi Banjir Pelatihan Pengendalian Banjir yang diterbitkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi menjelaskan seputar urusan siaga banjir.

"Status siaga banjir adalah hasil analisa informasi yang didapatkan dari stasiun pengamatan Tinggi Muka Air (TMA) yang ada di sungai. Semakin tinggi TMA-nya makin tinggi pula status siaganya," tulis modul yang dikutip, Selasa 25 Oktober 2022. 

Penjelasan status siaga 1 hingga 4 menunjukkan tingkat kondisi dan kerawnana.  Untuk Siaga 4 artinya belum ada peningkatan debit air secara mencolok. Perintah membuka atau menutup pintu dan penentuan arah air, dilakukan komandan pelaksana dinas atau wakil komandan operasional wilayah.

Siaga 3 menujukkan hujan menyebabkan terjadinya genangan air tapi kondisinya belum kritis dan membahayakan. Namun masyarakat harus berhati-hati dan menyiapkan kemungkinan terjadinya banjir. Penanganan diserahkan pada suku dinas pembinaan mental dan kesejahteraan sosial (Bintal Kesos) di wilayah setempat.

Sedangkan Siaga 2 menujukkan urutan siaga banjir di tingkat ini menandakan wilayah genangan air mulai meluas. Penanggung jawab di kondisi ini adalah Ketua Harian Satkorlak Penanggulangan Bencana Provinsi (PBP) yaitu Sekretaris Daerah.

Siaga 1 menunjukkan kondisi siaga 1 ditetapkan bila, dalam enam jam genangan air tidak juga surut dan kondisi menjadi kritis. Penanggung jawab penanganan siaga 1 adalah gubernur selalu pimpinan provinsi. sinpo

Komentar: