Sempat Terbang 3.000 Kaki, Pesawat Lion Air Kembali ke Soetta Karena Masalah Mesin

Laporan: Sinpo
Rabu, 26 Oktober 2022 | 23:15 WIB
Pesawat Lion Air/ website Lion Air
Pesawat Lion Air/ website Lion Air

SinPo.id - Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menuturkan bahwa pesawat Lion Air telah menjalankan prosedur yang ditetapkan. Seperti diketahui pesawat Lion Air JT-330 jurusan Jakarta-Palembang sempat kembali ke Bandara Soekarno-Hatta karena ada masalah mesin.

"Lion Air penerbangan JT-330 telah dipersiapkan secara tepat. Sebelum keberangkatan pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LKK dinyatakan layak dan aman dioperasikan melalui pengecekan awal (pre flight check)," kata Danang dalam keterangan resminya seperti dilansir Antara.

Danang menjelaskan, pesawat Lion Air penerbangan JT-330 melakukan lepas landas pukul 17.13 WIB dengan membawa enam kru dan 169 penumpang. Hal ini juga dilakukan setelah proses penanganan operasional dan kargo selesai.

Setelah itu, proses mengudara berjalan normal seperti biasa. Namun, pada ketinggian 3.000 kaki, pilot merasakan ada kendala pada kinerja salah satu komponen mesin pesawat yang tak sesuai dengan biasanya, sehingga perlu segera dilakukan pengecekan.

Sehingga, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (RTB) di Bandara Soekarno-Hatta. Proses pendaratan pun berjalan normal dan penumpang diarahkan untuk menuju ruang tunggu.


"Proses penumpang keluar dari pesawat dilakukan secara normal. Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan tersebut," katanya.

Pesawat kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim teknisi. Sedangkan penumpang dipersiapkan dengan menggunakan pesawat Lion Air yang lain, menggunakan Boeing 737-800NG registrasi PK-LOP.

"Pesawat telah berangkat pada pukul 19.20 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II pukul 20.20 WIB," katanya.sinpo

Komentar: