Belasan Orang Tewas Akibat Penembakan Terjadi di Kuil Muslim Syiah Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:10 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Tercatat 15 orang tewas termasuk anak-anak, akibat penembakan di Kuil Muslim Syiah Iran. Penyerangan itu terjadi ketika sejumlah orang bersenjata menyerang bangunan di kota Shiraz  bertepatan dengan bentrokan yang terjadi antara pasukan keamanan dan para pengunjuk rasa yang sedang memperingati 40 hari kematian Mahsa Amini.

Para pejabat Iran menyebut kelompok bersenjata tersebut sebagai teroris takfiri, label yang merujuk pada kelompok-kelompok Islam Sunni bersenjata garis keras. "Para penyerang berada di dalam mobil dan menembaki para peziarah dan staf di pintu masuk ke kuil Shah Cheragh," kata seorang saksi mata, dilansir dari The Guardian, Kamis 27 Oktober 2022.

Polisi berhasil menangkap dua dari tiga penyerang dan sedang dalam pencarian yang ketiga. Para pelaku diketahui bukan merupakan warga negara Iran.

Berdasarkan laporan dari kantor berita Iran, serangan di kuil Muslim Syiah tersebut terjadi pada hari yang sama ketika pasukan keamanan Iran menembaki pelayat yang berkumpul di kampung halaman Amini di Saqqez, provinsi Kurdistan.

Dalam video yang beredar, terlihat ribuan orang Iran berbaris menuju pemakaman tempat Amini dimakamkan, meskipun ada banyak polisi anti huru hara.

"Polisi anti huru hara menembak pelayat yang berkumpul di pemakaman untuk upacara peringatan Mahsa, dan lusinan pelayat telah ditangkap," kata seorang saksi mata.

Kelompok hak asasi manusia di Iran juga mengatakan apparat keamanan telah memperingatkan keluarga Amini untuk tidak mengadakan prosesi peringatan jika tidak ingin putra mereka ditangkap.sinpo

Komentar: