DPR Dorong Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Ancaman Resesi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 01 November 2022 | 15:55 WIB
Rapat paripurna DPR RI, Selasa 1 November 2022. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Rapat paripurna DPR RI, Selasa 1 November 2022. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id -  Dewan perwakilan rakyat di Senayan mendorong agar pemerintah menyiapkan langkah antisipatif di tengah ancaman resesidengan mencermati dinamika perekonomian global dan mempersiapkan berbagai langkah antisipatif menjaga ketahanan fiskal dan stabilitas perekonomian nasional.

Langkah tersebut menyusul terganggunya rantai pasok global sebagai dampak konflik Rusia dan Ukraina yang telah menimbulkan guncangan hebat, terutama di sektor pangan dan energi yang pada akhirnya mengakselerasi laju inflasi.

“Di tengah tingginya ketidakpastian dan tekanan ekonomi yang silih berganti, DPR RI mengapresiasi Pemerintah dalam menjaga kinerja perekonomian Indonesia yang cukup baik dan tetap pada trajectory positif,” kata Ketua DPR RI, Puan Maharani, saat rapat paripurna Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022–2023, Selasa 1 November 2022.

Meski pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik, Puan tetap menegaskan agar pemerintah terus mengantisipasi ketidakpastian dan gejolak ekonomi dunia yang masih akan berlanjut hingga tahun depan, karena ancaman resesi global terhadap Indonesia perlu diwaspadai.

Menurut Puan, ancaman resesi yang perlu diwaspadai, antara lain menurunnya permintaan ekspor produk jadi Indonesia seperti tekstil dan kerajinan, dari Amerika Serikat, Eropa, dan Tiongkok, serta adanya kenaikan suku bunga di negara-negara maju yang menyebabkan aliran modal mengalir ke luar negeri.

“Kemudian juga melambatnya pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya beban biaya usaha akibat depresiasi rupiah yang dipicu oleh tekanan pada kinerja transaksi finansial,” kata Puan menambahkan.sinpo

Komentar: