Cegah PHK, PAM Jaya Rekrut Karyawan PT Palyja dan Aetra

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 17 November 2022 | 18:08 WIB
Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin/SinPo.id
Dirut PAM Jaya Arief Nasrudin/SinPo.id

SinPo.id -  Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya merekrut karyawan PT Palyja dan Aetra melalui kegiatan Town Hall Management Meeting, yang diselenggarakan di Fairmont Hotel Jakarta, Kamis, 16 November 2022.

Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya Arief Nasrudin mengatakan, komitmen untuk merekrut karyawan Palyja dan Aetra tersebut, sebagai upaya memastikan tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawan, serta pelayanan yang tidak terganggu pasca berakhirnya kerja sama pada 1 Februari 2023.

Dalam kegiatan itu, PAM Jaya mengundang para karyawan tingkat manager ke atas untuk secara bersama menyatukan visi dan misi dalam mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan. Selain itu, seluruh karyawan Palyja dan Aetra yang hadir juga diberi kesempatan untuk kembali bergabung dengan PAM Jaya.

Arief menegaskan, komitmen perusahaannya jelas, bahkan PAM Jaya menawarkan posisi yang sama untuk karyawan dari Palyja dan Aetra dan jenjang karier yang terbuka bagi semua.

“Bahwa acara Town Hall meeting ini, selain merupakan wujud komitmen PAM Jaya untuk tetap mengedepankan dan menjaga kesempatan bekerja bagi karyawan mitra. Sekaligus juga sebagai aksi transfer knowledge yang pasti dibawa oleh semua individu karyawan mitra yang bekerja saat ini, sehingga ketidakstabilan atas pelayanan air nanti dapat dihindarkan,” kata Arief di lokasi.

Selain itu, kata Arief, dalam kesempatan ini, perusahaannya juga sekaligus melakukan pembenahan struktur organisasi untuk merespon perubahan fungsi PAM Jaya saat mulai melakukan pelayanan langsung nantinya.

“Mitigasi risiko sudah kami lakukan dari berbagai aspek, termasuk kesiapan SDM. Karena tantangan ke depan bukan sekadar memastikan pelayanan tidak terganggu, tapi juga bisa meningkat hingga ke 100 persen cakupan pada 2030,” kata Arief.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta dijelaskan mengenai upaya dalam meningkatkan cakupan pelayanan, yakni dengan menambahkan kapasitas produksi sebesar 10.900 liter per detik (lpd), meningkatkan jaringan pipa hingga lebih dari 4.000 kilometer, dengan harapan pada 2030 jumlah pelanggan PAM Jaya ditargetkan mencapai lebih dari 2 juta.

Untuk mencapai target itu, Arief mengatakan, sebagaimana diketahui sebelumnya, PAM Jaya dan PT Moya Indonesia telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum Melalui Optimalisasi Aset Eksisting dan Penyediaan Aset Baru dengan Skema Pembiayaan Bundling di Balai Kota, pada Jumat, 14 Oktober 2022 lalu.

Arief menekankan, kerja sama PAM Jaya dengan PT Moya Indonesia sangat berbeda dengan kerja sama sebelumnya. Kerja sama ini mengadopsi pola Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan telah mempertimbangkan rekomendasi KPK hingga pendampingan pengadaan oleh konsultan bisnis (PWC, Deloitte, dan EY).

Juga dikuatkan oleh pendampingan Kejaksaan Tinggi melalui produk legal, opini, dan juga pendampingan asesmen bisnis oleh BPKP dan koordinasi dengan SKPD Pemprov DKI Jakarta. sinpo

Komentar: