Survei SSI: Pak Bowo Bakal Menang di Pilpres 2024

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 19 November 2022 | 07:39 WIB
Direktur Eksekutif SSI, Abdul Hakim/dok: SSI
Direktur Eksekutif SSI, Abdul Hakim/dok: SSI

SinPo.id -  Skala Survei Indonesia (SSI) merilis proyeksi gelaran Pilpres 2024. Survei tersebut menujukkan bahwa kemungkinan besar Pilpres 2024 akan berjalan 2 putaran jika ada 4 pasangan calon (paslon) yang maju di pilpres.

SSI menunjukkan figur capres yang cenderung bakal dijagokan masing-masing gugus koalisi. Dari gugus PDIP akan mencalonkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Sementara KIB diproyeksikan akan mencalonkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya akan mencalonkan Ketum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Kemudian, Koalisi Perubahan diproyeksikan akan mencalonkan eks Gubernur DKI Anies Baswedan.

Responden lalu disodorkan pertanyaan: 'Seandainya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia dilakukan hari ini dan ada 4 nama calon yang akan maju. Dari 4 nama calon berikut, mana yang akan B/I/S pilih sebagai Presiden?'.

Adapun hasil pilpes putaran pertama menunjukkan Ganjar di posisi teratas dengan suara sebesar 28,6 persen.

"Namun potensi untuk bisa memenangi kontestasi dalam satu babak agak sulit terjadi. Kenapa, saat ini dari empat nama ini, sudah memiliki ceruk pemilih," ujar Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, Jumat, 18 November 2022.

Berikut rinciannya:
Ganjar Pranowo 28,6 persen
Prabowo Subianto 26,3 persen
Anies Baswedan 23,3 persen
Puan Maharani 0,7 persen
TT/TJ 21,1 persen

Ganjar memang unggul di putaran pertama, tapu survei menunjukkan Prabowo-lah yang muncul sebagai pemenang pilpres di putaran kedua. Begini hasilnya

Prabowo Subianto 35,3 persen
Ganjar Pranowo 30,9 persen
TT/TJ 33,8 persen

Survei ini digelar selama 6-12 November 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka.

Survei SSI disebut melibatkan sebanyak 1.200 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini yakni sebesar ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95,0 persen.sinpo

Komentar: