Batal Pensiun, Bob Iger Ditunjuk Jadi CEO Walt Disney

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 22 November 2022 | 11:01 WIB
Bob Iger/Reuters
Bob Iger/Reuters

SinPo.id -  Bob Iger kembali ke Walt Disney sebagai kepala eksekutif (CEO) untuk dua tahun ke depan, setelah kurang dari setahun yang lalu ia pensiun dari masa jabatannya di Disney.

Kembalinya Iger sebagai CEO Disney, merupakan salah satu upaya yang dilakukan perusahaan hiburan tersebut untuk meningkatkan kepercayaan investor dan keuntungan di unit media streaming Disney.

Pasalnya, pada masa kepemimpinan Bob Chapek sebagai CEO, saham Disney tenggelam lebih dari 40 persen sepanjang tahun 2022, tertinggal dari penurunan yang hampir 7 persen tahun ini di Dow Jones Industrial Average.

Namun saat kepemimpinan kembali diambil alih oleh Iger, saham Disney mulai kembali naik 6,3 persen pada hari Senin kemarin, menjadi USD 97,58.

"Mungkin kepemimpinan oleh seorang senior merupakan hal yang dibutuhkan," kata analis Markets.com, Neil Wilson, dilansir dari Reuters, Selasa 22 November 2022.

Disney telah menghabiskan miliaran dolar untuk bersaing dengan saingannya Netflix Inc dan berusaha untuk menghidupkan kembali harga sahamnya.

Bahkan Disney juga telah mengecewakan investor bulan ini dengan laporan pendapatan yang menunjukkan kerugian yang meningkat di unit media streaming yang mencakup Disney+.

"Dewan telah menyimpulkan bahwa ketika Disney memulai periode transformasi industri yang semakin kompleks, Bob Iger secara unik berada untuk memimpin Perusahaan melalui periode penting ini," kata Presdir Disney, Susan Arnold dalam pernyataannya.

Bisnis streaming kehilangan hampir USD 1,5 miliar pada kuartal keempat, lebih dari dua kali kerugian pada tahun sebelumnya, yang membayangi perolehan pelanggan.

"Saya seorang yang optimis, dan jika saya belajar satu hal dari tahun-tahun saya di Disney, itu adalah salah satu cara untuk menghadapi ketidakpastian," kata Iger melalui pernyataan tertulisnya, dalam sebuah memo yang dikirim kepada karyawan Disney.

Tak lama setelah Disney mengumumkan kembalinya Iger, salah satu pendiri Netflix, Reed Hastings, menulis cuitan di Twitter: "Ugh. Saya berharap Iger akan mencalonkan diri sebagai Presiden. Dia luar biasa."sinpo

Komentar: