Dewan Pers SinPo

Kasal Terima Gelar Kehormatan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” dari Kesultanan Ternate

Laporan: Andi Muhammad Rezaldy
Jumat, 25 November 2022 | 18:32 WIB
Kasal Laksamana Yudo Margono saat menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Ternate/ Dispenal
Kasal Laksamana Yudo Margono saat menerima gelar kehormatan dari Kesultanan Ternate/ Dispenal

SinPo.id - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima penganugerahan gelar kehormatan “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” dari Kesultanan Ternate. Gelar tersebut diberikan oleh Sultan Hidyatullah Sjah yang merupakan Sultan Ternate ke-49, di Raung Foris Lamo Kadaton Sultan Ternate, Maluku Utara, Jumat 25 November 2022.

Kesultanan Ternate sendiri di masa lampau merupakan salah satu kerajaan Islam Nusantara yang termasyur di Indonesia Timur. Gelar Sangaji Ori Ma Ahi Malamo diketahui merupakan gelar bangsawan sebagai warga kehormatan Kesultanan Ternate, yang memiliki makna sebagai Penguasa Laut Terbesar.

Penganugerahaan gelar bangsawan ini di berikan atas kemampuan Laksamana Yudo sebagai pimpinan TNI AL dalam menjaga kedaulautan, keamanan, serta ketentraman laut Indonesia.

Penganugerahan Kesultanan Ternate kepada Kasal ini adalah gelar kehormatan yang sudah menjadi tradisi Kesultanan Ternate selama ratusan tahun. Pada abad lampau, para Sultan Ternate juga pernah memberikan gelar kepada utusan negara atau bangsa-bangsa asing yang singgah di Ternate.

Arti “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo”, yakni Sangaji adalah seorang pemimpin atau penguasa yang memiliki wilayah, Ori Ma Ahi adalah sebutan gelar untuk pimpinan atau Panglima Angkatan Laut, Ori Ma Ahi diartikan sebagai perisai yang berasal dari kulit penyu. Sedangkan Malamo memiliki makna Besar sesuai dengan kapasitasnya Yudo sebagai seorang Kasal.

“Suatu kehormatan bagi saya yang telah diberikan gelar kehormatan Kesultanan Ternate dengan nama “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo”, tentunya ini bukan hal yang ringan untuk diberikan kepada saya, karena gelar ini memberikan konsekuensi yang harus saya laksanakan," ujar Yudo dalam keterangan resminya.

"Ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada Sultan Ternate serta Keluarga Besar Kesultanan Ternate karena tentunya mulai hari ini kami semuanya telah menjadi keluarga besar kesultanan Ternate, sebagai keluarga tentunya memiliki tanggung jawab moral pada Kesultanan Ternate,” sambungnya.

Sementara itu, Sultan Ternate Hidyatullah Sjah menyampaikan ucapan terimakasih karena telah berkenan dikukuhkan dengan gelar kehormatan adat Kesultanan Ternate “Sangaji Ori Ma Ahi Malamo” sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat Ternate.

“Saya berharap semoga dengan gelar ini Laksamana Yudo diberikan kekuatan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengemban segala tugas, amanah dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini di wilayah maritim," ujarnya. sinpo

Komentar: