Dewan Pers SinPo

Petani di India Tewas Bakar Diri, Bentuk Protes Kebijakan PM Narendra Modi

Laporan: Sinpo
Senin, 28 November 2022 | 00:40 WIB
Ilustrasi penemuan mayat (SinPo.id/Pixabay)
Ilustrasi penemuan mayat (SinPo.id/Pixabay)

SinPo.id -  MV Thangavel (85), petani di negara bagian selatan Tamil Nadu, menyiram diri dengan bensin dan minyak tanah hingga tewas pada Sabtu 26 November 2022. Upaya bunuh diri itu dilakukan sebagai bentuk protes terkait aturan penggunaan bahasa Hindi secara nasional.

MV Thangavel memegang poster berbahasa Tamil yang bertuliskan 'Pemerintah Modi berhenti memaksakan bahasa Hindi. Mengapa kita harus memilih bahasa Hindi daripada bahasa Tamil kita yang kaya sastra... itu akan memengaruhi masa depan kaum muda kita'.

Thangavel membakar dirinya sendiri hingga tewas. "Dia menulis spanduk menentang pemerintah pusat," ujar petugas kepolisian India,
seperti dilansir AFP.

Pada Minggu 27 November 2022, Perdana Menteri India Narendra Modi berbicara tentang 'mentalitas budak' seputar penggunaan bahasa Inggris, dan mempromosikan penggunaan bahasa Hindi.

Namun, sekelompok masyarakat India menentang pemaksaan aturan penggunaan bahasa Hindi. Menurut sensus tahun 2011, kurang dari separuh warga India berbicara bahasa Hindi, yakni hanya di bawah 44 persen.

sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
Koran Sin Po edisi 14 Januari 1939 menulis berita “Super Microscoop”. Laporan tekhnologi itu menyebutkan laboratorium Jtlectron-Optisch dari Siemens & Halske di Duitschland telah telah mengumumkan satu temuan tekhnologi yang mampu melihah micro-organisme dan benda micro-inorganisch yang disebut alat super-microscoop.
- Koran Sin Po
BERITATERPOPULER