Dewan Pers SinPo

Jokowi Tunjuk Laksamana Yudo Margono Sebagai Panglima TNI Baru

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 28 November 2022 | 16:56 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat konferensi pers soal Panglima TNI baru/ SinPo.id/ Juven M Sitompul
Ketua DPR RI Puan Maharani saat konferensi pers soal Panglima TNI baru/ SinPo.id/ Juven M Sitompul

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru. Penunjukan Yudo tertuang dalam surat presiden (Surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diterima DPR RI dari Istana.

"Nama yang diusulkan Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Andika Prakasa adalah Laksamana Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai KSAL," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Usai resmi menerima Surpres, kata Puan, pimpinan legislatif akan menginstruksikan Komisi I DPR untuk segera memproses penunjukan tersebut.

"Dengan diterimanya Surpres, Bapak Yudo bisa segera mengikuti proses dan mekanisme yang ada di DPR untuk kemudian melaksanakan fit and propert test," kata Puan.

Menurut Puan, Legislatif masih memiliki waktu cukup untuk menyiapkan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Yudo. Apalagi, masa reses Wakil Rakyat baru di mulai pertengahan Desember 2022.

"Artinya, DPR masih memiliki waktu untuk menjalankan mekanisme pergantian Panglima TNI. Insyaallah akan dilewati mekanisme sesuai dengan undang-undang yang ada," kata dia.

 sinpo

Komentar: