BUMN Siap Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Nataru

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 05 Desember 2022 | 17:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika
Menteri BUMN Erick Thohir/ SinPo.id/ Galuh Ratnatika

SinPo.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan siap untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru melalui Bulog dan ID Food.

"Kami sedang menunggu penugasan seperti apa Bulog atau ID Food. Karena penugasan tetap ada dua, apakah kami jadi offtaker diberikan dana murah, tidak bisa pakai pinjaman bank, itu kan terlalu mahal untuk Bulog," kata Erick kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin 5 Desember 2022.

Namun menurutnya, BUMN melalui Bulog dan ID Food juga bisa menjadi offtaker atau pemasok kebutuhan industri atau pun pasar sesuai dengan kondisi pasar, seperti sawit dan gula yang merupakan bagian dari Perkebunan Nusantara (PTPN).

"Untuk padi dan jagung, kami di bawah ekosistem makmur itu bersama dengan sektor swasta, kopi juga dengan swasta. Jadi kami siap, ada yang mekanisme pasar, ada yang memang penugasan harus ambil," paparnya.

Oleh karena itu, kata Erick, untuk mempermudah BUMN mengantisipasi kenaikan harga tersebut, ia mengatakan akan berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian dalam menyatukan data.

"Kalau datanya berbeda kan sulit. Kemarin kan ada sinkronisasi data, antara Kementerian Pertanian dan Kementerina Perdagangan untuk data. Sehingga kami siap kalau ada penugasan," katanya menambahkan.

 sinpo

Komentar: