Liga I Bergulir, Penyelenggara Diminta Perhatikan Aspek Keamanan dan Sosiologis Penonton

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 05 Desember 2022 | 18:10 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah/ Parlementaria
Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah/ Parlementaria

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah menyoroti keputusan PT Liga Indonesia Bersatu (KIB) yang melanjutkan Liga 1 2022-2023 per hari ini. Penyelenggara Liga 1 diminta memperhatikan aspek sosiologis para penonton Liga I.

“Pengelola maupun penyelenggara harus memikirkan juga kira-kira bagaimana konteks keamanan. Sebaiknya saat ini pendekatan yang digunakan harus dengan memperhatikan aspek sosiologis penonton,” kata Ledia kepada wartawan, Jakarta, Senin, 5 November 2022.

Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini menjelaskan maksud aspek sosiologi, yakni pendekatan melalui edukasi. Masyarakat yang menonton atau suporter dari klub tertentu harus diberikan pemahaman tentang aturan main dari pertandingan sepak bola.

“Jadi pihak keamanan harus bekerja sama dengan pihak club dan suporter untuk dapat menjelaskan tentang bagaimana regulasi, keamanan serta aturan-aturan supaya mereka paham,” kata Ledia.

Tak hanya itu, kata Legislator Dapil Jawa Barat I ini, pihak keamanan harus belajar dari petaka Kanjuruhan yang mengakibatkan ratusan korban jiwa. 

Menurut dia, ragam dan sosiologi penonton yang ada di Indonesia harus betul-betul dipahami oleh pihak keamanan. Misalnya, ada yang hanya sekadar memperkenalkan olahraga kepada putera-puterinya.

Ada juga yang memang menikmati itu sebagai hiburan. Atau ada yang memang memanfaatkan pertandingan sebagai sarana jalan-jalan olahraga.

“Itu memang harus dibedakan. Intinya pengamanan olahraga tak sama dengan pengamanan kerusuhan. Harus paham betul regulasi yang ada,” kata Ledia.

Terakhir, dia mengingatkan pihak penyelenggara untuk tidak hanya berpikir pada kemauan sponsor, namun harus sudah mulai memikirkan sosiologis penonton. Sponsor juga harus mengingat bagaimana sesungguhnya kerugian di masyarakat, termasuk dampak luas bagi produk yang mereka sponsorkan.

“Jadi ini bagian yang berkaitan yang semuanya harus diurus dengan baik,” kata Ledia.

PT LIB merilis kabar soal kelanjutan Liga 1 2022-2023. Operator kompetisi tertinggi Liga Indonesia itu memastikan Liga 1 dilanjutkan pada 5 Desember 2022 setelah menerima izin dari kepolisian.

Polri telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Lanjutan Liga 1 2022-2023 akan dilakukan dengan sistem bubble atau terpusat di Jawa Tengah dan DIY.

 sinpo

Komentar: