Wamenkeu: Ada 3 Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru Pascapandemi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 06 Desember 2022 | 21:33 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara, menyebut ada tiga sumber pertumbuhan ekonomi baru periode recovery pascapandemi Covid-19.

Ketiga sumber tersebut diantaranya, digitalisasi, green economy, serta melalui pelaksanaan SDGs yang membuka ruang-ruang ekonomi di masa depan.

“Ekonomi digital adalah salah satu fundamental yang menjadi sumber pertumbuhan baru," kata Wamenkeu, Selasa 6 Desember 2022.

Menurutnya, ekonomi digital pada dua tahun terakhir masa pandemi telah membuka mata bahwa digital akan menjadi sumber penting pertumbuhan ekonomi di masa depan.

"Kami mampu menjaga pertumbuhan ekonomi kami dalam dua atau tiga tahun terakhir dengan digitalisasi,” ungkapnya.

Kemudian melalui sumber pertumbuhan baru kedua, yakni green economy, Wamenkeu menjelaskan bahwa transisi tidak hanya tentang membangun energi baru terbarukan, tetapi juga dibutuhkan komitmen pemerintah untuk mempensiunkan energi dari batubara.

"Pemerintah Indonesia harus komitmen untuk mempensiun dinikan pembangkit listrik tenaga batubara. Namun hal ini perlu strategi yang berkelanjutan menuju transisi yang adil," paparnya.

Lebih lanjut, Wamenkeu juga mengatakan melalui implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) ruang-ruang ekonomi di masa depan akan semakin terbuka.sinpo

Komentar: