Xi Jinping Tegaskan Dukungan China untuk Kemerdekaan Palestina

Laporan: Sinpo
Minggu, 11 Desember 2022 | 01:28 WIB
Presiden China, Xi Jinping/ AP Photo
Presiden China, Xi Jinping/ AP Photo

SinPo.id - Presiden China Xi Jinping menyatakan kekecewaannya terhadap ketidakadilan yang dialami warga Palestina. Dia menegaskan dukungan China untuk negara Palestina yang merdeka.

"Tidak mungkin melanjutkan sejarah ketidakadilan yang dialami warga Palestina," kata Xi Jinping dalam pembukaan KTT China-Teluk-Riyadh untuk Kerja Sama dan Pembangunan di Arab Saudi, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 10 Desember 2022.

Menurut dia, sangat perlu untuk memberi Palestina keanggotaan penuh di PBB. China mendukung solusi dua negara dan pendirian negara Palestina sesuai dengan perbatasan seperti tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Dia menilai KTT di Riyadh itu sebagai sebuah peristiwa yang menentukan sejarah hubungan China dan Arab. Hubungan antara China dengan Palestina didasarkan pada kepentingan bersama dalam perdamaian dan harmoni.

"Pihak China dan Arab harus memperkuat solidaritas dan kerja sama serta membangun komunitas untuk masa depan yang lebih erat," katanya.

Di sisi lain, Xi Jinping juga menyambut baik partisipasi Arab dalam inisiatif keamanan global.

"Kami tertarik dengan pihak Arab untuk mewujudkan janji bersama seperti memperkuat pembangunan, kesehatan dan ketahanan pangan," katanya.
 sinpo

Komentar: