DPRD DKI Tolak Rencana Relokasi Pelican Crossing Perpusnas

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 11 Desember 2022 | 14:41 WIB
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah, (SinPo.id/dok DPRD DKI)
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah, (SinPo.id/dok DPRD DKI)

SinPo.id -  Dewan perwakilan rakyat daerah Provinsi DKI Jakarta menolak relokasi pelican crossing di depan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Rencana pemindahan yang akan dilakukan di akhir bulan ini dinilai kurang matang.

Lokasi eksisting penyebrang jalan elektronik itu dinilai sudah tepat dan tidak ada urgensi pemindahan pelican crossing. Apa lagi selama ini bermanfaat bagi warga yang ingin menuju halte Transjakarta dan menuju taman parkir IRTI Monas.

“Saya pikir tidak perlu ada penggeseran, biarkan saja yang sudah ada ini. Cukup diperbaiki saja, karena yang pertama memang samping persis dengan Halte (Balai Kota), yang kedua dekat dengan (parkir) IRTI,” ujar Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah, Minggu 11 Desember 2022.

Ida khawatir jika direlokasi ada potensi menghilangkan taman dan pohon yang selama ini dipakai demonstran sebagai titik kumpul ketika berunjuk rasa di sekitar jalan tersebut, sehingga mengganggu para penumpang yang ingin menuju Halte Bus.

“Perlu diketahui ini ada gedung (objek vital) yang harus dilindungi, Balaikota dan Wapres. Jangan memberikan masalah baru,” kata Ida menambahkan.

Ia juga menyayangkan Dinas Bina Marga dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta kurang matang membuat perencanaan. Sebab pelican crossing yang sudah terpasang terhalang oleh tanaman, sehingga menyulitkan warga yang ingin menyebrang.

“Bidang taman harusnya dikembalikan lagi seperti semula, ini ada yang tertutup taman sekitar tiga meter,” kata Ida menjelaskan.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho. menyebut relokasi pelican crossing di depan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) disebabkan ada pekerjaan penataan trotoar di sepanjang Jalan Merdeka Selatan atau sisi Perpusnas.

“Adapun penataan trotoar di Merdeka Selatan sekaligus menata pelican crossing (PC). PC eksisting bergeser ke arah timur tegak lurus pintu masuk Monas,” kata Hari.

Menurut dia, saat ini baru pekerjaan trotoar, selanjutnya penghapusan zebra cross atau PC digeser ke timur serta penataan taman median tengah untuk akses menuju halte dan penyeberangan.sinpo

Komentar: