Sekola dan roemah tangga.

Laporan: Sinpo
Kamis, 22 Desember 2022 | 08:14 WIB
Koran Sin Po 22 Desember 1928 (SinPo.id/Monash University)
Koran Sin Po 22 Desember 1928 (SinPo.id/Monash University)

SinPo.id -  Koran Sin Po edisi 22 Desesmber 1928 menulis laporan tentang pendidikan dalam keluarga dengan judul “ Sekola dan roemah tangga”.

Dalam laporannya Sin Po menyebut pentingnya orang tua menjadi pendidik bagi anak-anaknya di rumah.

“Tida sasoeatoe orang bisa djadi goeroe dari anaknja sendiri, tapi sasoeatoe orang toea haroes djadi pendidik dari marika poenja anak-anak, sebab seperti Rousseau telah bilang, iboe dan bapa ada djoeroe-djoeroe pendidik jang alam sendiri kasi pada anak-anak,” tulis laporan itu .

ROEMAH sekola sabetoelnja teroetama ada tempat dimana anak-anak dikasi peladjaran dan roemah tangga teroetama ada tempat dimana anak-anak haroes dikasi didikan.

Tida sasoeatoe orang bisa djadi goeroe dari anaknja sendiri, tapi sasoeatoe orang toea haroes djadi pendidik dari marika poenja anak-anak, sebab seperti Rousseau telah bilang, iboe dan bapa ada djoeroe-djoeroe pendidik jang alam sendiri kasi pada anak-anak.

Betoel peladjaran dan didikan tida bisa terlaloe dipisa sebab peladjaran jang baek bersifat didikan dan didikan jang sampoerna bersifat peladjaran, tapi biarpoen begitoe teroetama roemah tangga poenja kawadjiban boeat bikin sang anak djadi orang-orang jang baek, seperti djoega teroetama sekola poenja kawadjiban boeat bikin sang anak djadi orang jang pinter atawa berpengatahoean.

Orang bisa mengarti jang kaloe satoe anak dapet peladjaran baek di sekola dan dapet didikan sampoerna di roemah tangganja sendiri, iapoenja kans boeat djadi manoesia jang bergoena mendjadi semingkin besar.

Roemah sekola dan roemah tangga dari itoe sabisanja moesti bekerdja sama-sama boeat kapentingannja sang anak.

Sekola jang bagimana bagoes dan baek poen soesa dapetken hasil jang di-ingin, kaloe roemah tangga tida membantoe saharoesnja.

Saban hari anak-anak tjoema dating bebrapa djam di sekola dan salebihnja tempo ia ada di roemah tangganja sendiri, jang mempoenjai pengaroeh besar.

Apa goenanja sang anak di sekola diadjarin moesti resik, moesti berkalakoean baek dan sebaginja, kaloe sapoelangnja dari roemah sekola ia liat semoea isi roemah tangganja berlakoe tida resik dan liat ada orang-orang jang tida berkalakoean seperti orang sopan haroes berlakoe.

Apa goenanja satoe goeroe sekola djoeal tjerita pandjang-pendek bahoea tida baek orang berdjoedi, tapi kaloe si anak poelang ia liat iapoenja mama atawa laen familie lagi berdjoedi enak-enakan?

Nasehat sang goeroe dengen begitoe saban-ssban djadi dibikin ,,loentoer” kombali.

Sebaliknja kaloe apa jang sang goeroe adjarin di sekola dalem theorie, di roemah tangga didjalanin dalem practijk, keadahan tentoe bakal mengoentoengin sang anak.

Orang jang djadi orang toea tida bisa maoe serahken semoea kawadjiban boeat mendidik pada sang goeroe, sebab orang toea sendiri haroes pikoel kawadjibannja djoega dan bantoe sang goeroe dalem iapoenja pakerdjahan jang tida enteng.sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA