Imbas Kebakaran di Mampang, 600 Warga Mengungsi

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 27 Desember 2022 | 13:23 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut, kebakaran yang menimpa puluhan rumah warga di Mampang, Jakarta Selatan diakibatkan konsleting listrik pada salah satu rumah warga.

"Api berasal dari (konsleting listrik) salah satu rumah warga RT. 008/005 pada pukul 20.00 WIB. Kemudian api menyambar karena tiupan angin kencang, dan api merambat ke RT. 007 dan 006," tulis BPBD dalam siaran persenya, Selasa, 27 Desember 2022.

BPBD DKI mencatat untuk korban saat ini  sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK), atau sekitar 600 jiwa diungsikan ketempat terdekat dan lebih aman.

"Ya RW 05, sebanyak KK kurang lebih 200 KK dan 600 jiwa yang menjadi korban," ungkap BPBD DKI.

BPBD juga menyebutkan, saat ini para korban kebakaran telah diungsikan kebeberapa lokasi, diantaranya ke Masjid Jami Al-Aqwan, Bangma, Mapang dan Jalan Bangka Buntuk Kelurahan Pela Mampang.

"Ya untuk Lokasi Pengungsian Sementara, Masjid Jami Al-Aqwam, Jalan Bangka Raya No. 27, RT. 005/RW.005, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan dan Jalan Bangka Buntu 2, RT. 010/005, Kelurahan Pela Mampang," ucap BPBD DKI.

BPBD menambahkan, untuk data yang ada saat ini merupakan data sementara dan fluktuatif. Sehingga kapanpun data yang terhimpun ini dapat berubah sewaktu-waktu.

"Data yang diberikan masih data sementara dan akan ada perkembangan data secara dinamis," tandasnya.

Seperti diketahui, puluhan rumah warga hangus dilahap si jago merah di kawasan Gang Amal Satu, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin, 26 Desember 2022 malam.

Berdasarkan rilis BPBD Provinsi DKI Jakarta mengatakan, bahwa sijago merah mulai melahap puluhan rumah warga sejak pukul 20.05 WIB malam.

Si jago merah berhasil melahap tiga RT di kawasan Jakarta Selatan. Adapun RT tersbut yakni, RT 6, 7, dan 8 yang berada di RW 5, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan.

Selain itu petugas juga akan segera membangum dapur umum untuk menyuplai kebutuhan para warga yang terdampak. 

sinpo

Komentar: