Tahun Baru 2023, Ketua KPK: Mari Bersihkan NKRI Dari Korupsi

Laporan: Zikri Maulana
Minggu, 01 Januari 2023 | 14:47 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri/KPK
Ketua KPK Firli Bahuri/KPK

SinPo.id -  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri berharap tahun baru 2023 dapat memberikan semangat dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Ia juga mengajak semua pihak turut serta dalam membersihkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari korupsi. 

“Dengan semangat tahun baru 2023, mari bergotong royong demi bangsa dan negara, berbakti pada negara, bersihkan NKRI dari korupsi,” kata Firli dalam keterangannya, Minggu 1 Januari 2023. 

Selain itu, Firli juga mengatakan lembaga anti rasuah itu tidak akan berhenti untuk mengabdi pada negara dalam memberantas korupsi, sehingga Indonesia dapat bersih dari praktik-praktik korupsi. 

"KPK bekerja tanpa lelah untuk negara, salam antikorupsi. Selamat Tahun Baru, Semoga 2023 diberikan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan," ucapnya. 

Sebelumnya, KPK telah menyampaikan kinerja dan capaiannya. Sepanjang tahun 2022, KPK telah menerima sebanyak 4.623 laporan terkait dugaan tindak korupsi dari aduan masyarakat melalui Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM). 

KPK juga telah menetapkan 149 orang sebagai tersangka kasus tindak pidana korupsi sepanjang tahun 2022. 

Sementara dalam upaya penanganan tindak pidana korupsi, KPK telah melaksanakan sejumlah kegiatan penindakan diantaranya, 113 Penyelidikan,

120 Penyidikan, atau 12 surat perintah penyidikan (sprindik) lebih banyak dari tahun sebelumnya. 

Kemudian, 121 Penuntutan, atau meningkat 33 perkara dari tahun sebelumnya. Lalu, 121 perkara Inkracht, atau meningkat 34 perkara dari tahun sebelumnya. Dan Mengeksekusi putusan 100 perkara, atau meningkat 11 perkara dari tahun sebelumnya. 

Selain itu, KPK juga telah melakukan 10 kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) selama 2022. 
sinpo

Komentar: