PSI: Sumur Resapan Era Anies Membahayakan Masyarakat

Laporan: Sinpo
Jumat, 06 Januari 2023 | 14:30 WIB
Truk yang terperosok akibat sumur resapan di Gambir/ Tangkapan layar
Truk yang terperosok akibat sumur resapan di Gambir/ Tangkapan layar

SinPo.id - Sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana menanggapi banyaknya masalah timbul bahkan membahayakan warga imbas dari pembangunan sumur resapan yang tak tepat guna. Bahkan sumur resapan justru menimbulkan sejumlah bencana.

Terbaru, sebuah truk terperosok ke sumur resapan yang berada di ruas Jalan Batu Ceper Raya, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

"Sumur resapan fungsinya menangani banjir tapi itupun belum maksimal. Kejadian mobil terperosok ke sumur resapan bukan kali ini saja. Harus dievaluasi sumur resapan yang dibangun asal-asalan dan potensi membahayakan pengguna," ujar William dalam keterangannya, Jumat, 6 Januari 2023.

Mestinya pembuatan sumur resapan, kata William, mengedepankan fungsi menyerap air, dan menentukan titik mana saja yang potensial untuk dilakukan pembangunan. Bukan dengan sporadis membangun ratusan sumur dengan titik -titik yang nantinya menjadi sumber bahaya bagi warga sekitar.

"Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Pak Heru harus bisa menentukan mana saja sumur yang berfungsi dan yang tidak. Kalau tidak berguna bongkar saja, ketimbang harus jadi sumber bahaya bagi warga," jelasnya.

Willian juga menyatakan Pemprov bisa mengalihkan anggaran sumur resapan yang masih tersedia untuk dialihkan ke progam penanganan banjir lainnya yang lebih tepat sasaran dan berdampak langsung.sinpo

Komentar: