Antisipasi Banjir Rob, Pemprov DKI Instruksikan BPBD Bangun Posko Bantuan

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 06 Januari 2023 | 15:53 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menginstruksikan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI untuk menyiapkan posko-posko bantuan di pesisir Jakarta untuk mengantisipasi datangnnya banjir rob.

Namun demikian, Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap banjir rob di pesisir utara Jakarta itu tidak akan terjadi.

"BPBD siapkan posko-posko di titik lokasi (banjir rob), sekali lagi mudah-mudahan ini tidak terjadi," kata Heru kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 6 Januari 2023.

Selain itu, Heru juga telah meminta pemerintah setempat untuk segera melakukan persiapan secara maksimal dengan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

"Tentu Pemerintah Daerah (Pemda) siapkan semaksimal mungkin. Pak walikota siapkan warning sistem, pak wali udah siapkan perahu, 16-18 pompa disiapkan," ujar Heru.

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta menghimbau masyarakat yang berada di wilayah pesisir Jakarta untuk waspada terkait adanya potensi banjir rob pada 3 hingga 10 Januari 2023.

Banjir rob diprediksi terjadi akibat adanya fenomena Bulan Purnama (Full Moon) pada tanggal 6 Januari 2023, yang berpotensi meningkatnya ketinggian air laut secara maksimum.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya di pesisir utara Jakarta.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," kata BPBD DKI.
sinpo

Komentar: