4.550 Personel Diterjunkan Amankan Libur Imlek di Jakarta

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:47 WIB
Ilustrasi Imlek/ SinPo.id/ Ashar SR
Ilustrasi Imlek/ SinPo.id/ Ashar SR

SinPo.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan 4.550 personel untuk mengamankan libur Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili atau 2023 Masehi. Ribuan personel itu bertugas mengurai kemacetan di titik-titik rawan kemacetan.

Kita akan menyiapkan anggota untuk melakukan rekayasa lalu lintas di titik rawan kemacetan,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman saat dihubungi, Jakarta, Sabtu, 21 Januari 2023.

Menurut dia, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing wilayah. Tidak hanya di titik rawan kemacetan, Ditlantas Polda Metro telah menyiapkan tim patroli untuk mengurai kemacetan di jalan tol dan jalur arteri.

Latif menyebut potensi titik-titik kemacetan tersebut berada di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak serta jalur arteri. "Kita gelar anggota di jalan tol dan jalur arteri serta digerakan patroli di Tol Cikampek, Tol Jagorawi dan Tol Merak," ujar Latif.

Di samping itu, akses menuju objek-objek wisata di Jakarta juga menjadi perhatian petugas untuk menciptakan kelancaran arus lalu lintas. Personel Polantas juga telah disiagakan di sejumlah kawasan wisata di Jakarta dan sekitarnya.

Latif menyatakan 4.550 personel yang disiapkan untuk pengamanan Tahun Baru Imlek itu terdiri dari 1.403 anggota Polda Metro Jaya. Kemudian, 1.513 dari Polres jajaran yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya, serta 343 dari TNI dan 1.291 dari pemerintah daerah.

Menurut data, terdapat 255 vihara di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Personel pengaman akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sesuai aktivitas di vihara.

Masyarakat diharap dapat menjaga ketertiban dan keamanan. Sehingga, Imlek tahun ini terlaksana secara aman dan nyaman.sinpo

Komentar: