Chiang dan Canton

Laporan: Sinpo
Rabu, 08 Februari 2023 | 08:11 WIB
Koran Sin Po 8 Februari  1930 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 8 Februari 1930 (Monash University/SinPo.id)

SinPo.id - Koran Sin Po edisi 8 Februari 1930, dalam halaman Tiongkok menulis tentang dua provinsi di China.  Dalam laporannya provinsi Chiang disebut punya panglima, Ho Ying Ching yang terkenal dengan pasukan militer.

Chiang dan Canton

Chiang dan Jang provincie Can Canton. ton ada mendjadi tempat penting sebagi pangkalan dari pamerentahannja Chiang Kai Sek aken tantjep iapoenja kakoeasahan cli Tiongkok Selatan, inilah bisa diliar sadjek Canton terlepas dari tjengkremannja Kwangsi Kliek dan menaloek pada Nanking.

Beberapa kali koetika ini provincie terantjem bahaja Chiang Kai Sek telah kirim banjak tentara goena bantoe mendjaga soepaja provincie terseboet tida terampas kombali oleh iapoenja moesoe, kerna kaloe Canton djato, Nanking poenja kadoedoekan nistjaja djadi tergojang.

Canton ada begitoe penting bagi kadoedoekannja Chiang poenja pamerentahan, maka koetika baroe ini Chang Fa Kwei dan militarist Kwangsi bersariket menj erang itoe provincie, Chiang telah titaken iapoenja panglima jang terkenal, Ho Ying Ching dengen dibantoe oleh adviseur-adviseur militair bangsa Duitsch brangkat ka Canton aken atoer bikin penangkisan.

Marika poenja pakerdjahan ada begitoe memoewasken pada Chiang Kai Sek, kerna „tentara besi” jang belon perna kalah dalem paperangan, satoe kali ini kena dipoekoel. Malah toeroet warta officieel, katanja Chang Fa Kwei poenja kekalahan ada begitoe heibat, iapoenja barisan boleh dibilang soeda antjoer dan tida poenja tenaga aken berperang lagi! Tapi ternjata sampe di saat jang paling blakang tentaranja Chang Fa Kwei dan pasoekan Kwangsi masi bisa bikin penjerangan membales, hingga tentara Canton jang dik.apalaken oleh Chen Tsi Tang merasa kewalahan meladenin dan membikin Chiang Kai Sek merasa perloe toeroen tangan sendiri aken dateng di Canton boeat perang sama Chang Fa Kwei dan pasoekan Kwangsi.

Ini tindakan dari Chiang Kai Sek mengoendjoek bahoea tenaganja Chang Fa Kwei dan pasoekan Kwangsi tida boleh dipandang ringan, dan panglima-panglima perang Canton boekan ada Chang Fa Kwei dan Pai Chung His poenja tandingan. Laen begitoe, di Canton sendiri roepanja ada terdapet keadahan koerang baek jang membikin Chiang Kai Sek perloe dating boeat beresin; kerna di waktoe paling blakang kaliatan antara Chen Tsi Tang dan Chen Ming Chu ada

 

 sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024