Kemenkes Targetkan Semua Rumah Sakit Dapat Melayani Pasien Kanker

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 08 Februari 2023 | 17:14 WIB
Layanan medis kanker (SinPo.id/pixabay.com)
Layanan medis kanker (SinPo.id/pixabay.com)

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mentargetkan semua penduduk Indonesia terutama di daerah terpencil bisa mendapatkan akses layanan kanker serupa dengan di perkotaan. Kemenkes bekerja sama dengan The University of Texas MD Anderson Cancer Center untuk percepatan target tersebut. 

''Kita juga mensosialisasikan kepada MD Anderson bagaimana sistem layanan kanker nanti ke depan, bahwa ada rumah sakit vertikal Kemenkes di Bali seperti Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr I.G.N.G. Ngoerah dan rumah sakit kabupaten kota seperti Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara yang akan memberikan layanan kanker,'' kata Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais, R Soeko Werdi Nindito, Rabu 8 Februari 2023. 

Soeka mengatakan Rumah Sakit Kanker Dharmais sebagai unit pelaksana kerja sama akan menindaklanjuti kolaborasi tersebut. Saat ini rumah sakit Dharmais bersama MD Anderson sedang kunjungan ke RSUP Ngoerah dan RSUD Bali Mandara. Ia berharap layanan kanker bisa diberikan di semua rumah sakit sesuai dengan level-levelnya. 

"Begitu juga dengan layanan jantung, stroke, ginjal, dan layanan ibu dan anak," kata Soeka menambahkan. 

Ia menyebutkan temuan penyakit kanker baru di Indonesia berdasarkan data Globokan 2020 mencapai 396.914 kasus, sedangkan berdasarkan Riskesdas 2018 jumlah kasus kanker baru dan lama sebanyak 1.017.290. 

“Jenis kanker yang paling banyak menyerang warga Indonesia adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru, kanker kolorektal, dan kanker lever,” kata Soeka menjelaskan. 

Sedangkan kerja sama dilakukan agar masyarakat di daerah terpencil lebih cepat dan lebih mudah untuk mendapatkan akses kesehatan yang sama seperti masyarakat di kota besar.

Direktur Utama RSUP Ngoerah dr. I Wayan Sudana, mengatakan rumah sakit yang ia kelola berada di level provinsi di Bali menjadi bagian dari rumah sakit yang harus memberikan pelayanan kesehatan khususnya kanker.

''Dengan demikian kami berkepentingan untuk meningkatkan semua kemampuan dan kualitas pelayanan khususnya untuk kanker,” kata Wayan.

Harapannya akses masyarakat terhadap layanan kanker di daerah-daerah sama atau paling tidak mirip dengan akses masyarakat di perkotaan.

Menurut Wayan, RS Kanker Dharmais mulai mendampingi RSUP Ngoerah dalam meningkatkan standar-standar layanan kanker. “Selanjutnya RSUP Ngoerah harus menjadi pengampu rumah sakit rumah sakit yang ada kabupaten dan kota di Bali,” katanya.

Senior Vice President, Strategy and Business Development di MD Anderson, Chris Mc Kee mengatakan, telah menantikan kerja sama dengan Kemenkes dalam hal penanganan penyakit kanker di Indonesia.

''Kanker salah satu penyakit yang menimpa masyarakat Indonesia secara tidak proporsional,” kata Chris.

Ia berharap dapat bekerja sama dengan tim di seluruh Indonesia untuk bekerja mencegah terjadinya kanker, di Bali khususnya serta daerah lain untuk membantu pelatihan dan Pendidikan.sinpo

Komentar: