Antisipasi Banjir

Presiden Jokowi : Ada 12 Sungai di Jakarta Perlu dinormalisasi

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 21 Februari 2023 | 15:23 WIB
Presiden Jokowi tinjau Normalisasi Sungai Ciliwung (SinPo.id/ Youtube)
Presiden Jokowi tinjau Normalisasi Sungai Ciliwung (SinPo.id/ Youtube)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi menyebut, masih ada 12 sungai di jakarta yang perlu dinormalisasi. Jokowi meminta Pemerintah DKI dan Kementerian PUPR untuk segera normalisasi sungai itu. 

"Masih ada 12 sungai yang ada di DKI Jakarta yang juga itu memerlukan normalisasi," kata Jokowi saat meninjau Sungai Ciliwung di Jakarta Selatan, Selasa 21 Februari 2023.

Jokowi menegaskan, semua proyek normalisasi sungai di Jakarta segera dilakukan, termasuk ke-12 sungai yang belum dilakukan normalisasi. Namun, saat ini Jokowi meminta Penjabat Gubernur DKI Heru Budi dan Menteri PUPR Basuki agar fokus pada 17 kilometer bagian Sungai Ciliwung yang belum dinormaliasi, agar dapat selesai pada 2024.

"Semuanya dimulai semuanya, semua dimulai. Tapi, kita akan fokus konsentrasi di Ciliwung," ujar Jokowi menegaskan.

Menurut Presiden, proses normalisasi akan dimulai kembali setelah pembebasan lahan di sejumlah titik selesai dilakukan. Dengan rampungnya proyek normalisasi, Jokowi berharap akan mengurangi banjir yang kerap melanda wilayah DKI Jakarta.

"Dan ini (normalisasi) akan mengurangi, sangat mengurangi yang namanya banjir. Karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi," katanya.sinpo

Komentar: