PAN Ingatkan Demokrat Urus 'Dapur' Koalisi Masing-masing

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 25 Februari 2023 | 18:23 WIB
Yandri Susanto/Parlementaria
Yandri Susanto/Parlementaria

SinPo.id -  PAN mengingatkan agar Partai Demokrat tidak perlu mengurusi 'dapur' koalisi partai politik (parpol) lain. Partai besutan Sulilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu diharap memikirkan nasib internal ketimbang mencampuri strategi koalisi lain.

"Iya enggak usah kasihan, ngapain ngasihanin orang lain, urus masing-masing saja, dan semua punya masing-masing strategi," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto kepada SinPo.id, Jakarta, Sabtu 25 Februari 2023.

Yandri juga menyinggung soal status koalisi parpol untuk Pemilu 2024 yang sampai sekarang belum terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga, kata dia, belum ada koalisi yang benar-benar resmi.

"Koalisi sampai sekarang pun belum ada koalisi yang didaftarkan ke KPU, belum ada hitam di atas putih," ucapnya.

Menurut Yandri, baik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) maupun PAN belum menilai serius deklarasi pencapresan dari koalisi lain. Menurut dia, proses yang berjalan sekarang masih bunga-bunga demokrasi.

Artinya, kemungkinan untuk berubah masih besar. Bahkan, koalisi yang terbangun sekarang belum bisa dipastikan bertahan hingga benar-benar terdaftar di KPU.

"Dan semua belum ada yang jelas, termasuk koalisi Demokrat, PKS, NasDem, belum jelas. Kalau jelas itu kalau sudah daftar ke KPU. Capres siapa, cawapresnya siapa, cukup enggak 20 persen yang ngusung, baru lengkap dan aman. Sekarang masih geger geger demokrasi saja," tegas dia.

sinpo

Komentar: