Wali Kota Nashville Berduka Atas Insiden Penembakan di Sekolah

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 28 Maret 2023 | 05:00 WIB
Foto: AP Photo)
Foto: AP Photo)

SinPo.id -  Wali Kota Nashville, John Cooper, menyatakan turut berduka dan simpati kepada para korban.
penembakan di The Covenant School, sekolah dasar. Dia menulis di media sosial Nashville telah menjadi bagian dalam daftar panjang kota yang ditakuti untuk mengalami penembakan di sekolah.

Tercatat, tiga anak dan tiga orang dewasa dalam insiden penembakan di The Covenant School. Tercatat sekitar 200 siswa di sekolah tersebut pada Senin pagi. Pejabat setempat mengatakan, penembakan tersebut merupakan kasus kekerasan bersenjata terbaru yang mematikan di Amerika Serikat.

Ketiga anak tersebut menderita luka tembak yang parah dan dinyatakan meninggal saat tiba di Rumah Sakit Anak Monroe Carell Jr di Vanderbilt. Namun belum ada informasi yang merinci terkait dengan usia atau pun identitas mereka. Bahkan pihak berwenang juga belum merilis identitas tiga orang dewasa yang terbunuh dalam penembakan itu.

Departemen Kepolisian Metropolitan Nashville mengatakan, pelaku penembakan adalah seorang wanita berusia 28 tahun dan merupakan penduduk Nashville. Pelaku ditembak mati oleh petugas saat penyergapan di sekolah. Menurut polisi yang bertugas, penyerang memiliki setidaknya dua senapan serbu dan pistol. Namun hingga kini motif dari penembakan itu belum diketahui secara pasti.

Dilansir dari Al Jazeera, serangan itu terjadi di area lobi sekolah, dan bukan di ruang kelas. Kemudian para siswa terlihat berjalan ke tempat yang aman setelah insiden itu terjadi. Mereka berpegangan tangan saat meninggalkan gedung sekolah yang terlihat dikelilingi oleh mobil polisi. Lalu dibawa ke gereja terdekat untuk dipertemukan kembali dengan orang tua mereka.

Seperti diketahui, kasus penembakan di sekolah-sekolah yang berada di Amerika Serikat, telah menjadi kasus yang relatif umum terjadi. Termasuk pembantaian tahun lalu di sebuah sekolah dasar di Uvalde, Texas yang menewaskan 19 siswa dan dua orang guru. Bahkan lada bulan Februari lalu, seorang pria bersenjata membunuh tiga mahasiswa dan melukai lima orang lainnya dalam serangan di kampus Michigan State University di East Lansing, Michigan.

Menyusul serangan hari Senin di Nashville, Gedung Putih kembali menyerukan reformasi federal yang lebih besar, termasuk larangan senjata serbu, peningkatan usia minimum yang diperlukan untuk membeli senjata, dan standar yang lebih tinggi untuk pemeriksaan latar belakang bagi orang yang ingin memiliki senjata.sinpo

Komentar: