Stok pangan Lebaran 2023

Buwas Pastikan Stok Beras Jelang Lebaran 100 Persen Aman

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 11 April 2023 | 23:24 WIB
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso alias Buwas. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso alias Buwas. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso alias Buwas, memastikan bahwa stok beras menjelang lebaran 2023, aman 100 persen. Stok beras tersebut sudah termasuk untuk operasi pasar dan bantuan sosial (bansos).

"Sudah, kalau itu nggak ada masalah (persediaan beras), 100 persen aman, tadi kan sudah saya sampaikan juga aman. Beras untuk operasi pasar dan untuk Bansos aman," kata Buwas, di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa 11 April 2023.

Ia mengatakan stok beras di Perum Bulog saat ini sebanyak 285 ribu ton, sehingga dinyatakan cukup aman untuk lebaran. Selain itu, Buwas juga memastikan bahwa harga beras di pasar jelang lebaran akan terkendali.

"Insya Allah terkendali (harga beras), tadi pak Presiden bilang kan sudah mulai merangkak turun, hanya beberapa saja yang masih bertahan, karena kita pemerintah intevensi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Buwas juga memaparkan strategi Bulog untuk mencegah kenaikan harga di pasar. Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan pasar, dan mensuplai ritel-ritel modern, agar tidak terjadi kelangkaan beras.

"Sekarang melalui ritel-ritel modern seperti Alfamart, Indomeret sudah (dipenuhi), dalam bentuk packaging supaya tidak bisa dipakai main lagi. Kalau tahun lalu di Banten karungnya diganti lalu dijual dengan premium, ya bagaimana mau murah," kata Buwas menegaskan.sinpo

Komentar: