KRIMINAL

Enam Orang Tewas dalam Insiden Penembakan Massal di Afrika Selatan

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 13 April 2023 | 06:42 WIB
Pistol (Pixabay)
Pistol (Pixabay)

SinPo.id -  Enam orang tewas dalam insiden penembakan massal di Ocean View, Cape Peninsula Afrika Selatan. Pelaku penembakan itu diduga geng kriminal. Insiden itu berawal pada saat sebuah kendaraan berhenti di depan rumah warga sebelum penembakan terjadi. Lalu penumpang kendaraan tersebut turun.

"Sebuah kendaraan berhenti di depan sebuah rumah. Penumpang kendaraan masuk ke dalam rumah dan mulai menembaki orang-orang di dalamnya" kata juru bicara polisi, Novela Potelwa, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Rabu 12 April 2023.

Pasca kejadian itu, lima orang tewas
di tempat kejadian. Sementara satu orang tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Polisi setempat belum menangkap pelaku. Penembakan massal ini bukan kejadian pertama di terjadi di Afrika Selatan.

Terkait kerap terjadinya penembakan massal, partai oposisi terkemuka Afrika Selatan yaitu Aliansi Demokratik (DA) mengatakan pembunuhan terbaru adalah 'dakwaan yang mencengangkan atas keadaan memerangi kejahatan' di negara itu.

"Telah dipastikan bahwa pemadaman listrik yang sedang berlangsung di daerah tersebut, telah menonaktifkan kamera CCTV pada saat kejadian. Sehingga sangat menghambat penyelidikan dan tindak lanjut polisi atas kejadian tersebut," kata juru bicara DA, Gillion Bosman, dalam sebuah pernyataan.

Bosman menuturkan kantor polisi Ocean View hanya memiliki 61 unit polisi berseragam dan 12 detektif, padahal harus melayani hampir 50.000 warga.sinpo

Komentar: