BKSAP Dukung Penuh Gugatan Afrika Selatan Terkait Genosida Israel

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Januari 2024 | 15:57 WIB
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (SinPo.id/ Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, menyatakanakan mendukung penuh gugatan yang dilayangkan Afrika Selatan terkait kasus genosida Israel terhadap rakyat Palestina, di International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional PBB.

"Kami termasuk, sejak minggu lalu, juga menyampaikan kepada Kemenlu RI untuk mendukung posisi dan inisiatif dari Afrika selatan yang telah mengajukan konvensi genosida terhadap Israel, dan saya kira sudah banyak negara (yang mendukung)," kata Fadli, dikutip Rabu 17 Januari 2024.

"Ternyata juga memang kita mempunyai positioning yang sama dalam hal ini Indonesia juga mendukung, meskipun Indonesia bukan merupakan pihak dari ICJ tetapi kita mendukung apa yang dilakukan oleh Afrika Selatan," sambungnya.

Ia juga menilai langkah yang diambil oleh Afrika Selatan sangat dinanti oleh dunia. Pasalnya, kekejaman yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina selama ini sudah masuk dalam kategori kejahatan genosida. Terlebih Israel secara terang-terangan mengumumkan agar rakyat Palestina segera meninggalkan tanah mereka.

Oleh karena itu, ia meminta agar perang dalat segera dihentikan. Karena yang selalu menjadi sasaran serangan Israel adalah warga sipil yang mayoritas merupakan perempuan dan anak-anak. Bahkan Israel juga telah banyak melanggar hukum kemanusiaan internasional.

"Jadi, harus dihentikan dan kita konsisten di semua platform forum, baik itu internasional dan regional, BKSAP DPR RI menyuarakan pembelaannya kepada Palestina, termasuk ketika forum parlemen dunia IPU di Angola pada bulan oktober juga kita menginisiasi emergency item atau resolusi tentang stopping the war dan violations of human rights in Gaza," tandasnya.sinpo

Komentar: