Pemprov DKI Kembali Buka Simpang Santa Yang Sempat Ditutup

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 18 April 2023 | 12:30 WIB
Proses pembukaan kembali Simpang Santa/SinPo.id/PPID DKI
Proses pembukaan kembali Simpang Santa/SinPo.id/PPID DKI

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka kembali Simpang Santa seperti semula usai sempat ditutup, karena menjadi penyebab kemacetan dalam beberapa hari terakhir. 

"Jadi dari hasil evaluasi terhadap pelaksanaan uji coba pengaturan simpang ini, itu terlihat bahwa tidak ada perbaikan unjuk kerja dari secara ruas maupun jaringan. Oleh sebab itu, hari ini dikembalikan. Tentu dikembalikan semula, dengan melakukan beberapa perbaikan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangannya yang diterima, Selasa 18 April 2023.

Syafrin menjelaskan, pihaknya sudah mengatur ulang lampu lalu lintas di sekitar persimpangan tersebut. Selain itu, pihaknya juga belum ada rencana untuk kembali menutup persimpangan tesebut. 

"Kemudian untuk layanan TransJakarta yang tadinya kita belokan masuk ke Jl Wolter Monginsidi akan kembali, masuk, langsung ke Tendean, begitu juga kita akan melakukan penataan parkir di kawasan Jl Suryo, Jl Wolter Monginsidi dan juga Senopati," ujarnya.

Selain itu, Syafrin juga akan kembali mengaktifkan lampu lalu lintas di persimpangan Santa seperti semula. Persimpangan Santa, kata Syafrin, akan kembali normal seperti semula.

"Jadi dari Wijaya bisa langsung mendapatkan lampu hijau untuk belok kanan ke arah timur jalan Tendean," ungkapnya.

Sebelumnya, kemacetan parah terjadi di lampu merah Santa atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sejumlah pengendara pun mengeluhkan kemacetan tersebut.

Penyebab kemacetan di persimpangan Lampu Merah Santa itu terjadi akibat adanya penutupan pada salah satu ruas jalan. Semestinya dari lampu merah Jalan Wijaya satu bisa langsung menuju Jalan Kapten Tendean.

Penutupan dilakukan sebagai langkah uji coba rekayasa lalulintas yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Ibu Kota.

sinpo

Komentar: