koalisi parpol jelang pemilu 2024

KIB-KKIR Gelar Pertemuan, Cak Imin: Mematangkan Koalisi Besar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 18 April 2023 | 22:53 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Anam)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/ Anam)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memebeberkan 5 partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menggelar pertemuan. Pertemuan berlangsung beberapa hari kemarin.

KIB terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP. Sedangkan, KKIR beranggotakan Partai Gerindra dan PKB.

"Terakhir beberapa hari yang lalu. Tapi sepertinya belum ada lagi ya yang setelah Lebaran," kata Cak Imin kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 18 April 2023.

Kendati begitu, Cak Imin masih belum mau mengungkap isi pertemuan kelima parpol tersebut. Dia hanya menyebut pertemuan berlangsung di Jakarta.

Dia menegaskan pertemuan itu hanya dihadiri oleh 5 parpol dari KIB dan KKIR tanpa adanya PDI Perjuangan (PDIP). Menurut dia, pertemuan parpol itu untuk mematangkan Koalisi Besar dan antisipasi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pemilihan umum (pemilu).

"Belum (ada kesepakatan) baru pematangan, terutama kita bertemu mengantisipasi keputusan MK," kata dia.

Di sisi lain, dia mengingatkan MK untuk tidak gegabah dalam memutuskan gugatan prorporsional tertutup untuk Pemilu 2024. Sebab, PKB sudah siap menghadapi kontestasi politik secara keseluruhan.

"Sudah siap semuanya, calon legislatif (caleg) sudah siap semuanya melalui pendaftaran nanti di bulan Mei ini. PKB sudah 100 persen caleg nya lengkap, kemudian dirusak oleh MK," kaa Cak Imin.sinpo

Komentar: