PEMILU 2024

Deklarasi Ganjar Tak Berpengaruh, Prabowo Tetap Unggul di Polling The Matchmaker

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 04 Mei 2023 | 17:28 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pengamat Politik dan Akademisi Universitas Al Azhar Ujang Komaruddin menyoroti hasil polling The Matchmaker yang dilakukan oleh media detikcom, yang menunjukkan Menteri Pertahanan RI dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto unggul dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan.

Hasil sementara The Matchmaker pada periode 20 Februari - 25 April 2023 mengungkap Prabowo unggul jika dipasangkan oleh Ganjar ataupun Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saya melihat dan memotretnya kalau Prabowo dari hasil polling tersebut hasilnya leading kalau dipasangkan dengan siapapun. Tentu ini menguntungkan bagi Prabowo,” kata Ujang, dalam keterangannya, Kamis, 4 Mei 2023.

Prabowo dipasangkan dengan Erick memperoleh skor mencapai 4.397 poin dan menduduki posisi pertama. Kemudian, Prabowo dipasangkan dengan Ganjar mendapatkan skor 3.097 dan menduduki posisi ke dua. 

Artinya, Prabowo mau dipasangkan dengan siapapun wakilnya akan tetap unggul. 

“Sebelum atau sesudah Ganjar dicalonkan PDIP sebagai capres, faktanya, Prabowo masih leading. Prabowo - Erick justru lebih tinggi dibandingkan Prabowo - Ganjar,” pungkas Ujang.

Pada 20 Februari - 25 April 2024 sudah terdata lebih dari 17.542 orang yang melakukan voting pasangan capres - cawapres favoritnya. Hasil sementara, Prabowo-Erick masih dinobatkan sebagai pasangan favorit disusul dengan Prabowo-Ganjar. 

“Bahkan publik ingin Erick atau Ganjar sebagai wakilnya Prabowo. Dan itu harapan dari publik, masyarakat yang ingin memasangkan Prabowo presiden atau cawapresnya Erick atau Ganjar,” jelas Ujang.

Polling The Matchmaker kini telah memasuki tahap kedua. Sebelumnya, The Matchmaker juga telah melakukan polling pada tahap pertama periode 1 Desember 2022 - 9 Februari 2023 berkenaan dengan 5 besar pasangan capres-cawapres yang paling banyak diminati.sinpo

Komentar: