PILPRES 2024

Dikhawatirkan Gunakan Fasilitas Negara, Bawaslu Awasi Kampanye Terselubung Ganjar Pranowo

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 08 Mei 2023 | 18:06 WIB
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (SinPo.id/ Dok. Bawaslu)
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja (SinPo.id/ Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengawasi ketat kunjungan ke sejumlah daerah yang dilakukan Ganjar Paranowo sebagai bakal calon presiden (Capres) PDI Perjuangan.

Hal itu sebagai upaya mencegah kampanye terselubung, mengingat Ganjar Pranowo masih aktif sebagai Gubernur Jawa Tengah. 

"Bawaslu tetap melaksanakan pengawasan. Pengawasan dilihat dari apakah kemudian yang bersangkutan Ganjar menggunakan fasilitas negara atau tidak," kata Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja kepada wartawan, Senin, 8 Mei 2023.

Bagja menegaskan Bawaslu akan melakukan pengawasan menggunakan pola yang berbeda dengan calon lainnya. Pasalnya, Ganjar Pranowo baru menanggalkan jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 5 September 2023 mendatang.

"Ada penambahan pola pengawasan terhadap pak Ganjar, karena pak Ganjar masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah," ujarnya.

Menurut Bagja, pengawasan yang dilakukan Bawaslu tetap berlaku kepada setiap calon presiden tanpa membeda-bekadan. Hal ini, lanjut Bagja, menegaskan sikap Bawaslu terhadap kunjungan Ganjar Pranowo ke Surabaya dan Jember, Jawa Timur pada Sabtu dan Minggu kemarin. 

"Sampai sekarang kita masih menunggu laporan terkait dugaan kampanye colongan Ganjar Pranowo di dua wilayah itu," tandasnya.sinpo

Komentar: