Sekda DKI: Formula E Tetap Berjalan Dengan Skema B2B

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 16 Mei 2023 | 11:53 WIB
Sekda DKI Jakarta, JokoAgus Setyo (Sinpo.id/PPID DKI)
Sekda DKI Jakarta, JokoAgus Setyo (Sinpo.id/PPID DKI)

SinPo.id -  Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menegaskan, pelaksanaan balap mobil listrik Formula E dilakukan dengan skema business to business (B2B) antara PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan pihak Formula E.

"Kami sebagai pemerintah daerah mempersilakan bisnis mereka tetap berjalan, sehingga kegiatan Formula E ini tetap bisa dilaksanakan di kota Jakarta dengan mekanisme B2B antara BUMD milik Pemprov DKI, yakni Jakpro dengan Formula E," kata Joko dalam keterangan yang diterima, Selasa 16 Mei 2023.

Joko menjelaskan, skema B2B itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) saat melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Maret lalu.

Menurut Joko, sebagai pemerintah daerah yang memiliki kewenangan mengurus Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendukung kegiatan ini dengan memberikan izin penyelenggaraan Formula E dilakukan di area Jakarta.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) juga menegaskan penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E 2023 tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Syachrial Syarif mengatakan, dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk perhelatan balap mobil listrik itu hanya bersifat bussines to bussines (B2B).

"Sejak awal, dukungan itu berupa kerja sama bussines to bussines (B2B). Oleh karena itu, penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023 dapat dipastikan tidak menggunakan APBD DKI Jakarta," kata Syachrial.

Seperti diketahui, Jakarta E-Prix 2023 akan diselenggarakan pada 3-4 Juni mendatang. Ini merupakan kali kedua Jakarta menjadi tuan rumah setelah sukses pada tahun sebelumnya.

Balapan akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Saat ini, Jakpro sedang melakukan berbagai persiapan. Penjualan tiketnya pun sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu.
sinpo

Komentar: