SEA GAMES 2023

Puji Kontingen RI di SEA Games, Puan: Ini yang Terbaik Sejak 2011

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Mei 2023 | 17:16 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Dok. Puan Maharani)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Dok. Puan Maharani)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyebut bahwa capaian kontingen Indonesia yang meraih juara ke-3 dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja, merupakan yang terbaik sejak SEA Games 2011, karena berhasil meraih banyak medali emas.

“Apresiasi tinggi atas perjuangan seluruh kontingen tim Indonesia pada SEA Games ke-32 di Kamboja, dengan raihan total medali yang lebih banyak dari SEA Games
sebelumnya. Ini adalah peningkatan prestasi yang sangat membanggakan,” kata Puan, Rabu, 17 Mei 2023.

Ia juga mengapresiasi keberhasilan tim nasional (Timnas) U-22 Indonesia yang berhasil mendulang emas dalam cabang olahraga (Cabor) sepak bola, setelah penantian panjang selama 32 tahun berkat kerja keras skuad Garuda dalam laga final melawan Thailand semalam.

“Perolehan juara ketiga di SEA Games terasa semakin manis dengan pertandingan
dramatis Timnas sepakbola tadi malam yang mempersembahkan medali emas, setelah penantian 32 tahun lamanya," ungkapnya.

Oleh karena itu, Puan meminta, Pemerintah memberikan apresiasi tinggi kepada para pahlawan di bidang olahraga. Karena perjuangan mereka telah membawa kebanggaan untuk seluruh rakyat Indonesia, dan harus dihargai dengan semestinya.

Di sisi lain, Puan juga menyoroti pentingnya Negara untuk menjamin kesejahteraan atlet atau mantan atlet. Apalagi masalah kesejahteraan atlet merupakan amanat Undang-undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Terlebih tidak sedikit kehidupan para atlet yang berakhir miris saat mereka tidak lagi aktif bertanding.

“Masalah kesejahteraan atlet harus mencakup hingga mereka purna tugas. Dengan begitu, tidak ada lagi kasus mantan atlet berprestasi yang kesusahan di masa pensiunnya,” tuturnya.

Puan mengatakan, Pemerintah harus memiliki strategi jangka panjang demi kesejanteraan para atlet, yang dapat diberikan dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk uang tunai ataupun dalam bentuk non-tunai, seperti penghargaan, beasiswa pendidikan, tabungan pensiun dan jaminan kesehatan.

Seperti diketahui, Indonesia keluar di posisi ketiga klasemen perolehan medali SEA Games 2023 dengan torehan 86 emas, 81 perak dan 109 perunggu dengan total keseluruhan 276 medali. Kontingen merah putih berada di bawah Vietnam dengan 355 medali dan Thailand yang mendapatkan 312 medali. sinpo

Komentar: