Astronot Wanita Saudi Pertama Kembali ke Bumi

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 02 Juni 2023 | 13:16 WIB
Proses pendaratan astronot Saudi ke Bumi (Sinpo.id/AP)
Proses pendaratan astronot Saudi ke Bumi (Sinpo.id/AP)

SinPo.id -  Sebuah tim astronot yang terdiri dari dua orang Amerika dan dua orang Saudi, termasuk wanita Arab pertama yang dikirim ke orbit, telah krmbali ke bumi dan mendarat dengan selamat di lepas pantai Florida. Ia mengakhiri misi penelitian delapan hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kapsul SpaceX Crew Dragon yang membawa mereka telah kembali diterjunkan ke Teluk Meksiko di lepas pantai Panama City, Florida, setelah menempuh penerbangan selama 12 jam sebelum terjun kembali ke atmosfer bumi.

Pendaratan itu mengakhiri misi stasiun ruang angkasa kedua yang diatur, diperlengkapi, dan dilatih sepenuhnya dengan biaya pribadi oleh Axiom, sebuah perusahaan berusia tujuh tahun yang berbasis di Houston dan dipimpin oleh mantan manajer program ISS NASA.

Kru Axiom 2 dipimpin oleh pensiunan astronot NASA Peggy Whitson (63) yang memegang rekor AS untuk waktu penerbangan terbanyak, yakni 665 hari di luar angkasa selama tiga misi berdurasi panjang ke ISS, termasuk 10 perjalanan luar angkasa. Dia saat ini menjabat sebagai direktur penerbangan luar angkasa Axiom.

"Itu adalah perjalanan yang fenomenal. Kami benar-benar menikmati semuanya," Whitson mengirim radio ke pengontrol misi beberapa saat setelah pendaratan, dilansir dari VoA, Jumat 2 Juni 2023.

Seperti diketahui, Axiom, mengirim tim astronot beranggotakan empat orang pertamanya ke ISS pada April 2022, juga telah menandatangani kontrak dengan badan antariksa AS untuk membangun tambahan komersial pertama ke laboratorium yang mengorbit.
sinpo

Komentar: