Bullying di Sekolah, Heru Budi ke Orang Tua: Cek HP Anak, Jangan Nonton Drakor Saja

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 29 September 2023 | 20:08 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut peran orangtua dalam mengawasi anak sangat penting di tengah maraknya kasus perundungan atau bullying yang terjadi di lingkungan sekolah.

Heru meminta orang tua agar berperan aktif memberikan pendidikan kepada anaknya di rumah. Hal ini agar anak tidak menjadi pelaku perundungan.

"Titip pesan, orang tua harus juga menjaga anak-anaknya. Di rumah juga harus memberikan pendidikan yang baik, jangan nonton drakor (drama Korea)," kata Heru dalam keteranagannya di Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu juga meminta agar orang tua turut mengawasi tontonan anak saat bermain ponsel. 

Sehingga anak tidak menirukan aksi kekerasan yang ditayangkan di film atau video yang mereka tonton.

"Kalau anak-anak melihat HP itu dicek, dia melihat apa. Jangan-jangan dia melihat film kekerasan, lalu dia ke sekolah, dia meniru," ujarnya.

Lebih lanjut, terkait aksi bullying yang terjadi di lingkungan sekolah, Heru mengaku sudah memanggil semua kepala sekolah. Ia menegaskan, jika terjadi perundungan di sekolah maka itu menjadi tanggung jawab kepala sekolah.

"Enam bulan lalu saya kumpulkan kepala sekolah semua, kasudin (kepala suku dinas) untuk sekolah tidak ada bullying, itu tanggung jawab kepala sekolah," papar Heru.

"Kalau terjadi, saya tanya ke kepala sekolah, kenapa itu (aksi bullying) bisa terjadi? Anak-anak tidak boleh mem-bully anak lain. Tidak boleh," tandasnya.sinpo

Komentar: