NasDem Ogah Sodorkan Nama Pengganti Mentan Syahrul Yasin Limpo

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 06 Oktober 2023 | 12:44 WIB
Sahroni (Sinpo.id/DPR)
Sahroni (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id - Partai NasDem memastikan tidak akan mengajukan nama pengganti Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Partai besutan Surya Paloh itu menyerahkan sepenuhnya penggantian Syahrul yang mundur dari jabatan Mentan, karena terlibat korupsi ke Kepala Negara.

"Terserah Presiden saja kita, itu hak prerogatif Bapak Presiden," kata Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 6 Oktober 2023.

Sahroni mengatakan Partai NasDem akan tetap mengikuti arahan Jokowi, terutama soal masalah Mentan SYL.

"Nggak kok, kita ikut arahan Pak Presiden," kata dia.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut Presiden Jokowi segera mencari Menteri Pertanian (Mentan) baru pengganti Syahrul.

"Tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai menteri pertanian," kata Pratikno di Jakarta, Kamis, 5 Oktober 2023.

Sebelumnya, Syahrul dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Syahrul diduga terlibat praktik rasuah di Kementerian Pertanian (Kementan).

Belum ada informasi resmi dari KPK terkait hal ini. Namun, KPK sejauh ini telah menggeledah kediaman Syahrul. Sejumlah uang dan belasan senjata api ditemukan di kediaman Syahrul.sinpo

Komentar: