Indonesia Kirim Bantuan untuk Rehabilitasi Bandara Vanuatu Pasca Topan Judy dan Kevin

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 22 Oktober 2023 | 17:58 WIB
Bantuan Indonesia ke Vanuatu (SinPo.id/ Dok. Kemlu)
Bantuan Indonesia ke Vanuatu (SinPo.id/ Dok. Kemlu)

SinPo.id - Pemerintah Indonesia mengirimkan 20 ton material dan bahan baku untuk mendukung rehabilitasi Bandara Internasional Port Vila, di Republik Vanuatu. Pasalnya, wilayah tersebut terkena dampak parah dari topan Judy dan Kevin yang melanda Vanuatu pada awal Maret 2023.

Proses pengiriman bantuan berlangsung dini hari ini 22 Oktober 2023 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan diharapkan tiba di Port Vila pada hari yang sama.

Sementara yang bertanggungjawab atas penyaluran bantuan tersebut, yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kementerian PUPR. Menurut Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, bantuan itu adalah bukti konkret solidaritas bangsa Indonesia terhadap rakyat Vanuatu.

Karena selain untuk memperbaiki infrastruktur, Bandara Internasional Port Vila, pengiriman bantuan juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara kedua negara. Terlebih proyek tersebut melibatkan kontraktor dan pekerja Indonesia.

Proyek rehabilitasi itu diperkirakan akan selesai pada akhir Oktober atau awal November 2023. Setelah selesai, fasilitas yang diperbaiki akan diserahkan secara resmi dari Pemerintah Republik Indonesia kepada Pemerintah Vanuatu, guna mengukuhkan hubungan persahabatan antara kedua negara.sinpo

Komentar: